Umat Katolik Keuskupan Timika Berharap Vatican Segara Tunjuk Uskup Baru

by -
Perayaan misa peringatan satu tahun kematian Mgr John Philip Saklil Pr di area pusara mendiang Uskup Saklil di belakang Kantor Keuskupan Timika Jalan Cenderawasih SP2, Senin (3/7).

Timika, fajarpapua.com – Lebih dari seratusan ribu umat Katolik di wilayah Keuskupan Timika, Papua mengharapkan Tahta Suci Vatican segera menunjuk seorang Uskup baru pengganti mendiang Mgr John Philip Saklil Pr.

Tokoh Katolik yang juga Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob saat ditemui di Kantor Keuskupan Timika Senin (3/7) mengatakan setelah ditinggal Mgr John Saklil yang kematiannya terjadi secara mendadak pada Sabtu 3 Agustus 2019, umat Katolik Keuskupan Timika merindukan kehadiran sosok pemimpin yang baru untuk menggembalakan umat.

“Saya kira semua umat Keuskupan Timika tentu sudah sangat merindukan segera ada uskup yang baru menggantikan almarhum Mgr John Saklil,” kata John.

banner 300250

Mantan Kepala Dishubkominfo Mimika itu mengatakan proses pengusulan calon uskup Timika yang baru sudah disampaikan kepada Tahta Suci Sri Paus di Vatican, Roma melalui Duta Besar Vatican untuk Indonesia.

Hanya saja untuk menentukan figur uskup yang baru, katanya, prosesnya tidak semudah sebagaimana yang dibayangkan umat.

“Tentu prosesnya tidak mudah, ada berbagai kriteria-kriteria yang harus dipenuhi oleh para calon. Namun bagi kami umat Katolik harapkan agar segera ditunjuk uskup yang baru dalam waktu yang tidak terlalu lama mengingat wilayah Keuskupan Timika ini sangat luas, dengan medan pelayanan yang begitu sulit,” ujarnya.

Administratur Diosesan Timika Pastor Marthin Kuayo Pr mengakui memang ada kerinduan besar umat Katolik Keuskupan Timika untuk segera ada sosok Uskup yang baru.

Namun dia meminta umat Katolik setempat untuk bersabar dan bertekun dalam doa.

“Semua itu melalui proses yang panjang, bisa dua tahun, bisa dua setengah tahun bahkan bisa sampai tiga tahun,” kata Pastor Marthin.

Pastor Marthin yang juga merangkap tugas sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Timika itu menyebut proses pengusulan kandidat uskup baru Timika pengganti almarhum Mgr John Saklil sudah disampaikan ke Tahta Suci Sri Paus di Vatican, Roma.

“Kita semua menunggu saja, soal kapan waktunya semua tergantung dari keputusan pimpinan gereja di Vatican, Roma,” ujarnya.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.