Stop Titip Urus Data Kependudukan, Disdukcapil Ingatkan Warga Timika Aksi Percaloan

by -
Disdukcapil
Slamet Sutejo

Timika, fajarpapua.com
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Slamet Sutejo mengingatkan warga Timika agar menghindari aksi percaloan dalam mengurus dokumen kependudukan. Caranya, warga harus mengurus sendiri dan mengindari kebiasaan titip menitip kepada pihak lain.

“Ngga perlu nitip, urus dokumen itu gratis. Kita punya layanan gratis yang bisa digunakan warga dari rumah,” ungkap Slamet saat ditemui Fajar Papua di ruang kerjanya, Senin (10/8).

Enam program tersebut, kata Slamet, diantaranya, pertama ORLANDO. Program yang merupakan akronim dari Operator Layanan Administrasi Online itu merupakan inovasi terbaru Disdukcapil Mimika dalam menerapkan layanan go digital untuk mempercepat layanan administerasi kependudukan.
Lalu apa yang bisa dilayani di Orlando? Slamet menyebutkan, update data tidak terdaftar, informasi persyaratan Disdukcapil, pengecekan dokumen yang sudah dicetak, informasi lain serta kritik saran.

“Dengan hanya menggunakan smartphone warga bisa melakukan registrasi dokumen dari rumah dengan mudah tanpa perlu antri. Nomor kontak Orlando 081369824244, dapat melayani warga dalam pengurusan dokumen kependudukan,” tukasnya.

Program kedua, LALA PU KAKA atau Layanan Lahir Langsung Punya Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak. Layanan ini sudah diterapkan di RSUD Mimika, RSMM/Charitas, RS Herlina, Puskesmas Kwamki Baru, dan Puskesmas SP 2. Data penduduk yang baru lahir langsung terupdate tanpa harus ke Disdukcapil.