BERITA UTAMAEDITORIAL

Menakar Kesehatan Mental Warga Mimika Ditengah Meningkatnya Wabah Covid 19

pngtree vector tick icon png image 1025736
6
×

Menakar Kesehatan Mental Warga Mimika Ditengah Meningkatnya Wabah Covid 19

Share this article
Anjuran di era new normal

Langkah kedua adalah kelola Pikiran – Emosi secara benar. Atinya bahwa tetap berpikir positif (positive thinking) dalam menghadapi setiap kenyataan yang ada, selalu bersykur dalam menerima perbedaan dan kenyataan yang ada saat ini, dan jika ada hal-hal yang tidak sesuai, semisal terjadi konflik segera mungkin memberi maaf serta tidak memasukkan hal-hal yang bersifat negatif.

Disamping itu selalu menjaga kebugaran fisik. Istilah mens sana in corpore sano (dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat) rasanya sangat relewan dalam situasi pandemik ini. Lakukan aktifitas fisk minimal 30 menit sehari dan minimal 3 kali seminggu, tidur yang cukup: minimal 6-8 jam sehari, menjaga asupan gizi seimbang, kembangkan cara-cara berpikir positif, mengenali faktor-faktor yang berpotensi menimbulkan kecemasan dan mencari solusi yang tepat, kembangkan hobby misalnya bermain music, nyanyi dan sebagainya.

ads

Jika hal-hal di atas dikembangkan dengan sewajarnya, maka sekalipun kita berada di masa pandemik COVID-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir, kita tetap mampu beradaptasi dan tetap enjoy dalam suasana tatanan hidup baru ini. Semoga tulisan ini bermanfaat.(WILH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *