IAIN Ambon Gelar Pengkaderan “Demi Terwujudnya Kader Militan dan Loyalis Dibidang Hukum”

by -

Ambon, fajarpapua.com – Komunitas Forum Kajian Hukum (KFKH) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Jumat (30/10) menggelar kegiatan pengkaderan perdana dengan tema “Terwujudnya Kader Militan, Loyalitas, Progresif dan Profesional dalam Bidang Hukum”.

Acara pembukaan dihadiri pengurus KFKH IAIN Ambon yang terdiri dari La Ode Nofal selaku ketua umum, Ali Hamdun Umarella selaku wakil ketua, Sekretaris Umum Rati Mailani Rahayaan dan badan pengurus yang terdiri dari Bidang Hukum dan Ham, Humas, Bidang Kaderisasi, Isu dan Aksi, serta peserta yang merupakan calon kader KFKH IAIN Ambon.

Kegiatan pengkaderan tersebut diketuai Wajahudin Rumakat (ketua panitia).

La Ode Nofal selaku ketua umum KFKH IAIN Ambon dalam sambutannya mengatakan eksistensi Komunitas Forum Kajian Hukum (KFKH) IAIN Ambon merupakan wadah hukum yang memiliki visi besar yakni menjadikan KFKH sebagai wahana pemersatu mahasiswa hukum fakultas syariah IAIN Ambon dan peningkatan keilmuan hukum yang bersifat mandiri dan profesional.

Disamping itu, ia menegaskan eksistensi KFKH IAIN Ambon merupakan satu-satunya wadah organisasi hukum yang berdiri di kampus hijau IAIN AMBON semenjak institut itu berdiri hingga hari ini.

Sehingga dia berharap KFKH IAIN Ambon dapat memberikan iklim positif dengan hidupnya budaya akademis di kampus hijau IAIN Ambon.

Selanjutnya KFKH IAIN Ambon harus mengambil bagian dalam mencerdaskan intelektual dan kapasitas keilmuan hukum mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ambon.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Pembina Komunitas Forum Kajian Hukum, Dr. Nasaruddin Umar SH MH selaku pakar Hukum Tata Negara.

Dalam sambutannya Nasaruddin mengatakan eksistensi organisasi-organisasi hukum sangatlah penting dan dibutuhkan dalam pengembangan kemahiran hukum.

Oleh karena itu, Kehadiran KFKH IAIN Ambon mengingatkan Nasaruddin saat masih berstatus sebagai mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI). Dimana dia aktif dalam organisasi-organisasi hukum tersebut.

Sehingga Nasaruddin berharap KFKH IAIN Ambon dapat berperan dan ambil bagian dalam menghidupkan literasi akademis hukum dalam kampus guna mencetak mahasiswa hukum yang mahir dan ahli hukum, yang kedepannya dapat menjadi penegak-penegak hukum berjiwa integritas dan professional.(Ilham Ohoirenan – kabid Humas KFKH IAIN Ambon)