Timika Ikut “Panas”, Mantan Wabup Mimika Dijagokan Menang, Kepsek ke Toraja Utara Kembali Diungkit

by -
Hasil quick count Toraja Utara yang beredar di media sosial

Timika, fajarpapua.com – Perhelatan politik Pilkada serentak Rabu (9/12) telah berlalu. Sejumlah daerah melewati tahapan pesta demokrasi lima tahunan itu dalam suasana aman.

Yang uniknya, euforia Pilkada bukan hanya dialami daerah yang melaksanakan pesta politik tersebut. Daerah lain yang memiliki pertalian rasa dan kepentingan juga ikut terjebak dalam euforia politik demokrasi tersebut.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Mimika. Meskipun tidak ikut dalam ajang Pilkada, namun antusiasme warga Mimika mengetahui hasil Pilkada di sejumlah daerah sangat tinggi.

Salah satu yang paling menonjol adalah Pilkada Toraja Utara. Dari pantauan Fajar Papua, antusiasme warga Timika mengikuti hasil Pilkada Toraja Utara sangat tinggi.

Adapun 3 paslon yang mengikuti pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara ialah, pasangan Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung. Kemudian, Yohanis Bassang dan Frederik Victor Palimbong, serta pasangan Kalatiku Paembonan dan Etha Rimba P Tandi Payung.


Usut punya usut, pasangan nomor urut dua, calon Bupati Yohanes Bassang ternyata mantan Wakil Bupati Mimika. Dia bertarung melawan paslon nomor 1 dan 3. Yang menariknya lagi, paslon nomor 3 dikhabarkan memiliki hubungan keluarga dengan istri salah seorang pejabat penting di Mimika.

Tak ayal, oleh sebagian kalangan di Mimika, pertarungan antara Yohanes Bassang melawan paslon nomor 3 merupakan klimaks hubungan yang “kurang harmonis” selama pemerintahan OMBAS di Kabupaten Mimika.

Warga Timika, yang sebagian besar mengidolakan Yohanes Bassang, sejak Rabu sore hingga Kamis (10/12) terus menyampaikan selamat atas kemenangan sementara mantan Wakil Bupati Mimika itu.

Namun sejauh ini Fajar Papua belum mendapat informasi pasti siapa yang memenangi Pilkada di kabupaten ujung utara Provinsi Sulawesi Selatan itu.

Update perhitungan sementara di laman website KPU Toraja Utara saat dicek Kamis pagi belum terisi.

Satu-satunya referensi pembaca hanya hasil quick count fajar.co.id yang menempatkan Yohanes Bassang vs Frederik mengantongi 44 persen perolehan suara, disusul paslon nomor 3 Kalatiku Paembonan dan Etha Rimba P Tandi Payung meraih 37 persen dan Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung meraih 18 persen.

A valid URL was not provided.