BERITA UTAMAMIMIKA

Warga Mimika yang Hendak Gunakan Jalur Laut, Baca Prakiraan Gelombang Saat Ini

cropped cnthijau.png
6
×

Warga Mimika yang Hendak Gunakan Jalur Laut, Baca Prakiraan Gelombang Saat Ini

Share this article
Transportasi warga Mimika yang mendiami wilayah pesisir sangat bergantung pada laut dan pasang surut sungai
Transportasi warga Mimika yang mendiami wilayah pesisir sangat bergantung pada laut dan pasang surut sungai

Timika, fajarpapua.com – Bagi warga Mimika yang hendak menggunakan jalur laut, hendaknya memperhatikan prakiraan gelombang laut ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam rilis Kamis (10/12) mengeluarkan peringatan potensi gelombang tinggi hingga 4 meter di sejumlah perairan di Indonesia pada Kamis, hingga Jumat (11/12), pukul 07.00 WIB.

ads

“Pusat Tekanan Rendah 1000 hPa terpantau di selatan Jawa dan sirkulasi angin terpantau di utara Aceh,” kata Kasubbid Analisis dan Prediksi dan Meteorologi Maritim Rismanto Effendi dalam surat berisi peringatan tentang potensi gelombang tinggi yang ditandatangani pada 10 Desember 2020, Jakarta, Kamis.

Ia menyebutkan pola angin di wilayah Indonesia pada umumnya bergerak dari barat daya – barat laut dengan kecepatan angin berkisar 6 – 30 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Lampung, perairan selatan Banten hingga Jawa Barat, Selat Sunda bagian selatan, Laut Natuna utara, Laut Jawa, perairan utara Jawa Tengah, dan Samudra Hindia selatan Jawa.

Kondisi tersebut mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut, dengan tinggi gelombang 1,25 hingga 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, Selat Sumba bagian barat, perairan selatan Pulau Sumba hingga Pulau Sawu, Laut Sawu bagian utara, Selat Sumba bagian barat, Perairan Kupang hingga Pulau Rote, perairan selatan Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna dan Laut Natuna.

Selanjutnya potensi gelombang tinggi 1,25 hingga 2,5 meter juga diperkirakan berpeluang terjadi di Perairan timur Kepulauan Bintan hingga Kepulauan Lingga, Selat Karimata dan Selat Gelasa, Perairan utara Kepulauan Bangka Belitung, Perairan utara Jawa Barat, Selat Makassar bagian selatan, Laut Bali dan Laut Sumbawa, Selat Lombok bagian utara, Perairan utara Bali hingga Sumbawa, Perairan Kepulauan Sabalana hingga Kepulauan Selayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *