Real Count KPU Toraja Utara, Mantan Wakil Bupati Mimika Tumbangkan Dua Petahana

by -
Bupati terpilih Toraja Utara, Yohanis Bassang

Timika, fajarpapua.com – Mantan Wakil Bupati Mimika periode 2014-2019, Yohanis Bassang menumbangkan dua petahana dalam Pilkada Toraja Utara.

Sebagaimana yang dikutib Fajar Papua dari situs resmi KPU, hingga
pukul 07.00 WIT Senin (14/12) pagi, pasangan nomor urut 2 Yohanis Bassang dan Frederik Viktor meraih 43,0 persen suara, unggul jauh dari pasangan nomor urut 3 Kalatiku Paembonan dan Etha Rimba P Tandi Payung yang meraih 38,5 persen suara dan nomor urut 1 Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung yang hanya mengantongi 17,5 persen suara.

Dengan raihan suara itu menutup peluang dua petahana, sebab total suara masuk sudah 97,80 persen atau 534 TPS dari total keseluruhan 546 TPS.

Yohanis Bassang memulai kariernya dari nol. Usai menyelesaikan studi di UKI Paulus Makassar tahun 1997, ia merantau ke Papua di Kabupaten Mimika.

Di Mimika, Yohanis memulai kehidupannya dirantau dengan menjadi tukang potong rumput selama setahun.

Kemudian ia menjadi Tenaga pengajar (Guru) di Yayasnan Pendidikan swasta dan Negeri selama 3 tahun. Disela-sela kesehariannya menjadi seorang Guru, Ombas demikian tagline Yohanis juga memanfaatkan waktu luang menjadi tukang ojek.

“Sebelum ke sekolah mengajar saya ngojek dulu, bahkan rekan-rekan guru kaget liat saya,” ungkapnya sebagaimana dirilis dalam laman media online.

Usai 3 tahun menjadi tenaga guru di salah satu Yayasan Pendidikan di Mimika, Ombas kemudian menjadi Dosen luar biasa di perguruan tinggi swasta membawakan mata kuliah ekonomi.

Sementara perjalanan Ombas dalam birokrasi dimulai ketiga lulus menjadi pegawai negeri sipil di BKKBN Mimika. Tahun pertama menjadi pegawai BKKBN, Ombas langsung dipromosikan menjadi Kepala Seksi di tempatnya bekerja.

A valid URL was not provided.