Rute Penerbangan Timika – Langgur “Mati Suri”, Managemen Lion Air Beberkan Alasan Paling Krusial

by -
Lion Air
Airport Manager Lion Air Bandara Mozes Kilangin Timika, Imran

Timika, fajarpapua.com – Penerbangan Wings Air tipe ATR seri 900 rute Timika – Langgur, sejak awal Januari 2021 ini diberhentikan sementara. Dibalik mati surinya layanan udara group Lion Air itu ternyata ada alasan paling krusial yang membuat managemen mengeluarkan kebijakan tersebut.

Airport Manager Lion Air Bandara Mozes Kilangin Timika, Imran, ketika dikonfirmasi Fajar Papua, Selasa (5/1) mengemukakan, Wings Air Timika Tual dan sebaliknya secara resmi beroperasi sejak Desember 2019 silam.

Adapun layanan penerbangan tiga kali dalam sepekan setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.

Namun masalah paling krusial yang membuat managemen menghentikam sementara layanan rute tersebut yakni selama satu tahun berjalan, operasi rute Timika – Langgur tidak memenuhi pasar marketing.

“Misi kami kesana untuk melayani sesuai permintaan Pemda Mimika. Tapi selama satu tahun ini tidak mencapai load faktor, biaya operasional tinggi tidak diimbangi jumlah penumpang,” ujarnya.

Dikatakan, sesuai hitungan pihak managemen, dari keseluruhan layanan operasi, yang mencapai load factor hanya 30 persen.

“Kami tidak kejar untung apalagi rute ini permintaan Pemda, cukup mencapai load factor saja sudah bagus, artinya biaya operasional bisa tertutupi, tapi yang terjadi sebaliknya,” tukasnya.

Menurut dia, selama rute tersebut beroperasi, jumlah penumpang berkisar antara 5 sampai 8 orang.
Bahkan pada musim peak season Desember 2020 lalu, jumlah penumpang tidak lebih 8 orang.

“Akhirnya kami putuskan berhenti sementara layanan ke sana sampai benar-benar bisa dipastikan penumpang bisa meningkat baru beroperasi lagi,” tuturnya.

Menjawab permintaan masyarakat agar rute tersebut kembali beroperasi, Imran berharap penumpang yang hendak berangkat ke Tual atau sebaliknya dari Tual ke Timika bisa konfirmasi ke kantor Wings Air. “Supaya kalau memang penumpang banyak kami akan buka lagi,” paparnya.

INFO IKLAN 0812-3406-8145