Pesparawi Se Tanah Papua ke-13 Pisah, Papua Barat Digelar Februari ini, Papua pada Oktober Mendatang

by -
Johan Ade Matulessy (kiri) Agus Samori (kanan)

Untuk untuk juri, pihaknya sudah menentukan jumlah, dan disepakati ada 16 juri, dengan pembagian 5 untuk kategori paduan suara anak, paduan suara remaja, paduan suara dewasa campuran, dan 5 juri untuk paduan suara pria, paduan suara wanita, dan etnik kemudian tiga juri untuk vokal group dan tiga lagi untuk solis anak dan remaja. Jadi jumlah total ada 16 orang juri.

Kata dia, pihaknya menyepakati hanya juri nasional, dan LPPD maupun panitia penylenggara tidak mendatangkan juri dari luar negeri karena pertimbangan Covid 19.

“Nama-nama juri kami belim tentukan siapa-siapa termasuk belum lihat, karena LPPD Provinsi masih evaluasi. Nanti ada batas waktu kami akan menentukan siapa-siapa yang jadi juri,” bebernya.

Juri akan terlibat dalam semua keigatan yang ada, sehingga pihaknya mengantisipasi hal itu.

Agus mengatakan, diharapkan semua kabupaten kota hadir mengikuti Pesparawi kali ini.

“Tadinya LPPD Provinsi dan panitia penyelenggara harapkan Papua Barat ikut, tapi mereka pisah dan menurut rencana mereka laksanakan pada Februari mendatang, sehingga Papua hanya 29 kabupaten/ kota,” tukasnya.

Ketua LPPD Kabupaten Mimika dan Ketua III Panitia Penyelenggara, Ade Johan Matulesi berterima kasih kepada Agus Samori dari LPPD Provinsi Papua yang sudah datang membantu pantiia dalam memantapkan jadwal pelaksanaan Pesparawi yang menurut rencana akan dilaksanakan pada akhir Oktober sampai awal November 2021 mendatang.

“Memang Mimika harus siap lebh awal, dimana dalam musyawarah daerah dalam Pesparawi Kaimana beberapa waktu lalu, Mimika ditunjuk sebagai tuan rumah. Saat itu LPPD Mimika membacakan rekomendasi Bupati Mimika soal kesiapan Mimika sebagai tuan rumah Pesparawi se tanah Papua di Timika. Kami tetap mengamankan rekomendasi pak Bupati. Ini menyangkut harga diri Kabupaten Mimika, dan Oktober pembukaan. Pak Wakil Bupati sebaga ketua panitia dan beliau siap dan sudah melaksanakan kegiatan beberapa kali. Kami siap menyukseskan Pesparawi Papua di Kabupaten Mimika,” terang Ade.