Bupati Mimika : Pengungsi Banti Tembagapura Dikembalikan Bertahap Mulai Sabtu

by -
Eltinus Omaleng
Bupati Mimika Eltinus Omaleng

Timika, fajarpapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika bersama DPRD dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat telah memutuskan untuk segera mengembalikan ribuan pengungsi asal Kampung Banti dan Opitawak, Distrik Tembagapura ke tempat asal mereka mulai Sabtu (16/1).

Bupati Mimika Eltinus Omaleng usai memimpin rapat penyelesian masalah pengungsi Banti di Timika, Kamis, mengatakan, pihaknya  mempersilakan warga yang hendak kembali ke kampung halaman mereka untuk mendaftarkan diri melalui tim yang sudah dibentuk Pemkab Mimika.

Tim tersebut dipimpin Asisten I Setda Mimika Yulianus Sasarari bersama Kepala Distrik Tembagapura dan tiga Kepala Kampung di Distrik Tembagapura yaitu Banti 1, Banti 2 dan Opitawak.

“Masyarakat yang sudah mengungsi selama sembilan sampai 10 bulan di Timika akan kita pulangkan ke Tembagapura secara bertahap mulai Sabtu ini. Yang mau kembali, silakan lapor diri di masing-masing kepala kampung baik orang tua maupun anak-anak,” kata Omaleng.

Bupati menyebut pemerintah setempat tidak akan menahan lebih lama lagi para pengungsi asal tiga kampung di Distrik Tembagapura itu di Timika.

Semula, rencana pengembalian sekitar 1.500 jiwa warga Banti 1, Banti 2 dan Opitawak serta Kimbeli dan Utikini Lama itu dilakukan pada pertengahan Desember 2020.

Namun saat tim gabungan Pemkab dan DPRD Mimika meninjau rumah-rumah warga tiga kampung itu di Distrik Tembagapura, maka diputuskan pengembalian ribuan jiwa warga itu diundur hingga Januari ini lantaran sebagian besar rumah-rumah mereka sudah mulai rusak.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250