Inilah Cara Mendapatkan Bansos Tunai Bulan Februari Sebesar Rp. 300.000

by -
bansos tunai bulan Februari
ilustrasi

Bogor, Fajarpapua.com – Pemberian Bansos Tunai bulan Februari (BST Februari 2021) akan menjangkau sekitar 10 juta KPM dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp. 12 Triliun.

Penyaluran bansos tunai bulan Februari akan menggunakan PT. Pos Indonesia seperti yang dilakukan pada penyaluran Bansos Tunai (BST) pada bulan Januari.

Pemberian bansos tunai bulan Februari ini adalah kali keduanya setelah dilakukan pada bulan Januari beberapa waktu lalu. Perencanaan bantuan tunai ini direncanakan akan diberikan pada bulan Januari, Februari, Maret, dan April 2021.

banner 300250

Cara mendapatkan Bansos Tunai Bulan Februari

Agar dapat menerima bantuan sosial atau bansos tunai bulan Februari ini calon penerima harus sudah terdaftar pada daftar penerima bantuan.

Daftar penerima bantuan dapat dilakukan pengecekan pada situs resmi kemensos di halaman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DKTS) yang beralamat di https://dtks.kemensos.go.id.

Setelah masyarakat mengakses halaman wbesite tersebut dapat langsung melakukan pengisian data yang diperlukan untuk diperiksa.

Data yang diperlukan untuk memeriksa daftar penerima bansos tunai bisa menggunakan Nomor Identitas yang bisa diambil dari NIK atau ID DTKS/BDT dan juga bisa menggunakan nomor PBI JK/KIS.

Setelah memasukan nomor identitas yang diminta maka akan diperlukan memasukan kode verifikasi yang tampil tepat di bawah atau di samping kolom pengisian nomor tersebut. Setelah itu pengunjung dapat dengan melanjutkan dengan menekan tombol “Cari” yang juga berada di samping atau dibawah dari kolom pencarian tersebut.

Kemensos juga mengingatkan bahwa halaman tersebut hanya diperuntukkan untuk masyarakat yang ingin memeriksa informasi daftar penerima BST dan bukan untuk bantuan sosial lainnya termasuk pendaftaran peserta bantuan sosial.

Berikut ini langkah-langkah atau alur pengecekan bansos tunai:

  1. Kunjungi laman https://dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih ID, ada tiga jenis ID yaitu ID DTKS/BDT, Nomor PBI JK/KIS, dan NIK. Adapun ID DTKS adalah ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Biasanya itu tersimpan di dinas sosial kabupaten kota. Jika tidak mempunyai, maka bisa memilih opsi NIK atau Nomor Induk Kependudukan atau nomor PBI JK/KIS.
  3. Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih
  4. Masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih
  5. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak box captcha
  6. Klik Cari

Bagi yang belum terdaftar dapat melakukan konfirmasi kepada pihak RT/RW dan Dinas Sosial di wilayah masing-masing agar dapat segera dilakukan update agar dapat menerima bantuan sosial bulan berikutnya.

Untuk yang belum terdaftar atau baru terdaftar tidak atau belum tentu akan langsung masuk ke dalam daftar penerima bantuan atau bansos tunai bulan Februari.

Ada tiga jenis bansos yang diresmikan Jokowi dan mulai disalurkan pada 4 Januari 2020. Rinciannya, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai.

Pemerintah berharap masyarakat juga berperan aktif melaporkan apabila terjadi penyelewangan penyaluran bantuan dana sosial

Untuk itu masyarakat di minta untuk berperan aktif apabila tidak menerima bansos tunai bulan Februari untuk melakukan pembaharuan data dan mengkonfirmasi kepada perangkat desa setempat.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.