BERITA UTAMAMIMIKA

Beberapa Hari Terganggu, PLN Timika Pastikan Listrik Aman, Ini Penyebabnya….

pngtree vector tick icon png image 1025736
13
×

Beberapa Hari Terganggu, PLN Timika Pastikan Listrik Aman, Ini Penyebabnya….

Share this article
Kepala PLN Timika
Petugas PLN Timika sedang melakukan pemasangan jaringan kabel tanah 20 Kilo Volt di PLTD

Timika, fajarpapua.com – Suplai listrik dari PLTMG Pomako sudah kembali normal setelah sempat terganggu beberapa hari.

Terkait hal itu, Manajemen PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Timika, memastikan suplai daya listrik ke kota Timika sudah normal.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Manajer PLN UP3 Timika Marthinus Irianto Pasensi di Timika, Kamis, mengatakan beberapa hari lalu terjadi pemadaman listrik di Kota Timika.

“Penyebab pemadaman listrik beberapa hari lalu mulai malam sampai pagi itu karena ada gangguan sistem. Suplai daya listrik dari PLTMG Pomako lepas sehingga kami tidak bisa langsung memback-up dengan mesin diesel yang ada di PLN Timika,” jelas Marthinus.

Dikemukakan, sejak pertengahan 2021, PLN Timika mendapatkan suplai daya listrik sebesar 10 megawatt dari PLTMG Pomako.

Sejauh ini PLTMG Pomako baru menyuplai 10 megawatt dari rencana keseluruhan hingga mencapai 50 megawatt dalam beberapa tahun ke depan.

Daya mampu pembangkit PLN Timika saat ini jika ditambah dengan pembangkit diesel sewa maupun pembangkit diesel milik PLN Timika sendiri sekitar 33 megawatt dengan beban puncak sekitar 28 megawatt.

“Kalau 10 megawatt dari PLTMG Pomako langsung lepas semuanya maka tentu akan mempengaruhi sistem kelistrikan secara keseluruhan. Soalnya mesin-mesin diesel yang ada di PLN Timika saat ini kapasitasnya rata-rata hanya 1 megawatt, bahkan ada yang 500 KW,” jelas Marthinus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *