BERITA UTAMAMIMIKA

Yamak Kecam Penembakan Warga Sipil, Kutuk Setiap Aksi Kekerasan yang Masih Melanda Papua

pngtree vector tick icon png image 1025736
8
×

Yamak Kecam Penembakan Warga Sipil, Kutuk Setiap Aksi Kekerasan yang Masih Melanda Papua

Share this article
Direktur Yamak, Hans Magal SP

Timika, fajarpapua.com – Direktur Yayasan Kemanusiaan Anti Kekerasan (Yamak) Papua, Hans Magal SP mengecam keras aksi penembakan yang mengorbankan warga sipil. Persoalan politik regional tidak boleh sampai mengorbankan rakyat yang tidak bersalah.

Pernyataan itu disampaikan Hans Magal menanggapi aksi penembakan oleh KKB yang menewaskan seorang warga, Boni Bagau, di perbatasan Distrik Sugapa-Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Sabtu (30/1).

ads

“Kami dari Yamak mengutuk keras apa yang terjadi hari Sabtu lalu yang menewaskan warga sipil. Jangan sampai warga yang tidak bersalah jadi korban,” ungkap Hans.

Dikatakan, persoalan antar TNI/Polri dengan KKB merupakan persoalan ideologi yang belum ada titik temu. Namun demikian, kedua belah pihak hendaknya menghormati dan menjaga keamanan warga sipil.

“Ada beberapa aksi kekerasan yang tidak bisa ditolerir. Hendaknya kasus ini diusut sampai tuntas supaya kedepan warga sipil tidak dikorbankan,” katanya.

Selain itu Hans meminta negara bisa hadir memberi rasa aman bagi warga. Selama ini sejumlah rentetan kasus kekerasan di Papua patut menjadi atensi.

“Penduduk asli Papua semakin berkurang. Kalau kekerasan tidak dihentikan, bisa jadi kelak orang Papua akan punah, negeri ini hanya tinggal cerita,” bebernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *