Kesepakatan Timika Jadi Ibukota Provinsi Papua Tengah Diantar ke Jakarta

by -
Pembahasan pemekaran Provinsi Papua Tengah.

Timika, fajarpapua.com – Rencana pemekaran Provinsi Papua Tengah dengan ibukota di Timika dinilai sudah final. Dalam waktu dekat, para bupati/perwakilan akan menuju Jakarta mengantar dokumen kesepakatan tersebut.

Adapun keputusan Timika sebagai ibukota Provinsi Papua Tengah tertuang dalam kesepakatan bersama yang diambil bupati, wakil bupati dan ketua DPRD sejumlah kabupaten yang tergabung dalam wilayah adat Meepago di Hotel Grand Mozza, Kamis (4/2).

Koordinator Pemekaran Papua Tengah, Willem Wandik mengatakan pertemuan sudah selesai dan semua yang hadir sepakat Timika sebagai ibukota.

Dikatakan, untuk mendukung perjuangan pemekaran Papua Tengah, para bupati sudah menunjuk UGM Yogyakarta sebagai tim kajian pemekaran.

“Hasil pertemuan hari ini baru dirampungkan dan dibawa ke Jakarta sebagai syarat yang harus dilampirkan ke Kemendagri, DPR RI komisi III, DPD RI Komite I, Menkopolhukam, BIN, POLRI dan lembaga tinggi negara lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Harapan Terbentuknya Papua Tengah Terbuka Lebar, Pemerintah Mekarkan Pulau Papua Jadi 6 Provinsi, Tito Akui Masih Alot

Bupati Wilem mengatakan, semua bupati dan wakil yang hadir harus mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa Papua Tengah akan terbentuk.

“Selesai ini tim dan para bupati akan ke Jakarta untuk urus segala dokumen pemekaran. Para Bupati dan tokoh- tokoh memilih Timika karena Timika dari sisi infrastruktur dan sarana sudah siap. Apalagi Tmika PAD nya besar memudahkan provinsi ini bangun lebih cepat,” tandasnya.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengatakan pemilihan ibukota di Timika karena dinilai lebih strategis dan fasilitas sudah sangat memadai.