Awas Hujan Lebat dan Angin, BMKG : Waspada Bencana Hidrometeorologi

by -
Prakiraan cuaca
Prakiraan cuaca Mimika.

Timika, fajarpapua.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di wilayah Papua dalam beberapa hari terakhir akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Adapun kondisi cuaca ini, BMKG menjelaskan prospek cuaca tersebut diperkirakan berlaku dari tanggal 8 hingga 14 Februari 2021.

Kepala Stasiun Meterologi Kelas II Timika, Okto Firdaus Fajri Rianto, ST pada Selasa (9/2) memberi peringatan dini hujan sedang – lebat yang dapat disertai guntur pada Selasa pukul 17.05 WIT di Distrik Mimika Barat (Iwaka Temare, Wangirja, Limau Asri) dan Distrik Kuala Kencana (PT PAL, SP6, SP7). Serta dapat meluas ke Wilayah di Distrik Mimika Baru (Kota Timika, SP2, SP3, Timika Jaya). Kondisi Ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 19.05 WIT.

Sementara dalam sepekan kedepan, sesuai rilis BMKG, Okto mengungkapkan wilayah Papua bagian utara pada 8 hingga 10 Februari 2021 pada umumnya cerah berawan hingga hujan lokal.

BACA JUGA:  BMKG Ingatkan Sejumlah Wilayah di Indonesia Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat

Potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah ini diperkirakan terjadi di Kabupaten Biak, Waropen, Nabire, Sarmi, Mamberamo Raya, Keerom, Kabupaten dan Kota Jayapura.

Sedangkan pada tanggal 11 hingga 14 Februari 2021, pada umumnya wilayah tersebut berawan hingga hujan lokal. Namun potensi hujan ringan hingga lebat dapat terjadi di wilayah Kabupaten Biak, Kepulauan Yapen, Waropen, Nabire, Sami, Mamberamo Raya, Keerom, Kabupaten dan Kota Jayapura.

Di wilayah Papua bagian tengah, pada 8 sampai 14 Februari 2021 pada umumnya berawan hingga hujan lokal. Sedangkan potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Pegunungan Tengah Papua.

Sementara Wilayah Papua bagian selatan, pada 8 hingga14 Februari 2021 pada umumnya cerah berawan hingga hujan lokal. Namun potensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Kabupaten Asmat, Mappi, Merauke, Boven Digoel, dan Mimika.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250