Tandon Cuci Tangan, Contoh Proyek Mubazir Saat Menghadapi Pandemi Covid-19 di Timika

by -
Tandon
Tandon cuci tangan yang mubazir

Timika, fajarpapua.com – Diawal masa pandemi pada Maret 2020 lalu, Pemda Mimika melalui organisasi perangkat daerah (OPD) berlomba-lomba membuat program dengan dalih untuk menghadapi serta mengendalikan Covid-19.

Akibatnya tidak sedikit dana yang digelontorkan pemerintah untuk merealisasikan program-program yang diajukan oleh OPD serta Tim Gugus Tugas Covid-19.

Bahkan akibat jor-joran membuat program menghadapi pandemi tersebut, membuat Pemda Kabupaten Mimika melakukan rasionalisasi bahkan juga realokasi APBD Tahun 2020 lalu.

Namun sayangnya, dana besar mencapai ratusan miliar yang digelontorkan pemerintah tersebut tidak terlalu signifikan dalam menekan angka orang yang terinfeksi Covid-19.

Bahkan ada beberapa kegiatan atau program yang dinilai hanya menghamburkan dana dan terkesan mubasir serta jauh dari kata manfaat bagi masyarakat.

Dari beberapa kegiatan yang dinilai tidak efektif, salahsatu yang paling kasat mata adalah penyediaan tandon cuci tangan disejumlah ruas jalan di Timika.

Bahkan program ini terkesan asal terpasang, sehingga banyak diantaranya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu,banyak diantaranya dibiarkan tanpa pengawasan dan perawatan sehingga ada yang menjadi sasaran pencurian.

Terkait hal ini fajarpapua.com mencoba melakukan penelusuran disejumlah titik ruas jalan yang masih terpasang tandon cuci tangan.