BERITA UTAMAMIMIKA

Dishub Mimika Terapkan Sistem Sim Card Blue PKB Pengganti Uji Kir, Dev : Bisa Diperpanjang Dimana Saja

cropped cnthijau.png
12
×

Dishub Mimika Terapkan Sistem Sim Card Blue PKB Pengganti Uji Kir, Dev : Bisa Diperpanjang Dimana Saja

Share this article
Dev Richard Tatiratu, SE
Dev Richard Tatiratu, SE

sehingga dapat memberikan manfaat serta peningkatan kualitas pelayanan angkutan umum

Dijelaskan upaya digitalisasi ini, diharapkan dapat memangkas bahkan menghilangkan hal-hal negatif yang dilakukan oleh para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, contohnya seperti hasil uji yang di modifikasi dan pemalsuan buku uji dilapangan.

“Terlebih aspek digital sudah masuk pada proses pengujian dan penilaian yang dilakukan oleh sistem, sehingga dapat memberikan manfaat serta peningkatan kualitas pelayanan angkutan umum, khususnya bagi masyarakat,” tambahnya.

Klik iklan untuk info lebih lanjut
d300a4a9 5415 4da4 ae30 9f2a16b6b4c8
kendaraan yang sedang dilakukan uji KIR oleh DISHUB Mimika

Dengan sistem ini seluruh bukti KIR nantinya dirubah dengan sistem digitalisasi dan pewajib uji KIR mendapatkan 3 elemen BLUe seperti, Kartu Uji berupa Smart Card sebagai pengganti kartu uji berkala atau buku uji kir.

“Masa berlaku satu tahun atau dapat digunakan dua kali Uji Berkala dan dapat diperpanjang dimana saja. Contohnya, kendaraan dari Makassar, Sim Card Blue PKB bisa diperpanjang di Timika selama pemilik mempunyai nomor SIM PKB,” ujarnya.

Kemudian Lembar Hasil Uji berupa kertas yang memuat data teknis kendaraan wajib uji dan hasil uji berkala, berlaku selama jangka waktu enam bulan. “Kartu ini sebagai media alat bantu petugas dalam pengawasan dan pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan,” jelas Dev.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *