Ponsel Basah Terkena Hujan, Ingat 4 Hal Terpenting Ini

by -
Ponsel Basah Terkena Hujan

Bogor, Fajarpapua.com – Seiring penggunaan ponsel dalam berbagai kesibukan kita tentunya terkadang membuat ponsel basah terkena hujan atau terkena air dari minuman di meja kita. Hal ini tentunya bukanlah menjadi masalah ketika kita menggunakan perangkat ponsel yang memiliki ketahanan terhadap air.

Ponsel Basah Terkena Hujan Segera Lakukan Hal Ini

Lantas apa saja yang harus dihindari pengguna smartphone saat ternyata ponsel yang digunakan ternyata terkena air hujan atau tersiram air mineral secara tidak sengaja? Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan yang lebih parah:

Segera Matikan / Jangan Hidupkan Ponsel

Smartphone yang dalam kondisi basah atau masih terlihat adanya sisa-sisa air pada sela-sela body atau pada port usb atau bahkan port konektor audio (biasanya digunakan untuk headset) yang ada pada smartphone sebaiknya biarkan dalam keadaan mati hingga dapat dipastikan sudah kering baik di bagian luar maupun dalam ponsel

Lepaskan Baterai (Bila Memungkinkan)

Apabila smartphone yang digunakan masih mendukung Removable Battery, sebaiknya segera lepaskan untuk menghindari adanya arus listrik yang masih mengalir pada smartphone tersebut.

Keringkan Dengan Segera

Apabila tidak memahami bagian dalam ponsel, setidaknya bisa segera mengeringkan ponsel dengan menggunakan Cotton bud atau kapas yang di untal pada ujung lidi atau korek gigi lalu bagian-bagian seka bagian-bagian yang basah.

Tapi ingat, cara ini jangan digunakan untuk mengeringkan bagian port audio 3.55” sebab bisa mengakibatkan tersangkutnya sebagian kapas di dalam port tersebut.

Pergunakan Beras

Secara logika mungkin bagi sebagian orang hal ini adalah mustahil, sebab dalam penggunaannya untuk mengeringkan ponsel hanya dengan cara menguburkan ponsel dalam keadaan mati dengan beras atau menimbunnya hingga tertutup.