Waspada Tanda-Tanda Jantung Terancam Covid-19

by -
Jantung terancam covid

Jakarta, Fajarpapua.com – Sebagaimana diketahui sejak awal bahwa corona adalah virus yang menyerang pernafasan tapi tampaknya harus tetap waspada ketika jantung terancam Covid-19.

Ternyata Kemungkinan Jantung Terancam Covid-19 Sangat Besar

Sebagai sebuah pandemi yang menyerang dunia saat ini, tidak mengherankan bahwa berbagai penelitian terkait perkembangan virus ini terus dilakukan dan setiap saat akan ditemukan sebuah penemuan terkait corona yang mengejutkan.

Perkembangan penelitian terhadap Covid-19 kini telah menunjukkan bahwa virus corona juga dapat memberikan dampak yang cukup berbahaya terhadap organ vital pada orang yang terserang Covid-19.

Kondisi jantung terancam Covid-19 ini adalah bagian dari dampak yang ditimbulkan dan bukan merupakan target atau sasaran utama dari virus corona ini. Selain jantung juga terdapat beberapa organ vital lainnya yang akan terancam sebagai dampak hadirnya virus corona ini.

Covid-19 dinyatakan dapat memberikan kerusakan pada jantung dan otak melalui jaringan darah yang mengalir ke seluruh anggota tubuh.

Komplikasi yang ada pada darah ini bisa muncul setelah pasien dinyatakan sembuh atau pasca terserang Covid-19. Komplikasi ini bila tidak segera ditangani dapat menimbulkan bahaya yang cukup besar.

Salah satunya adalah dengan adanya pembekuan darah yang akan berakibat kepada terhambatnya aliran darah yang harus menyuplai oksigen ke seluruh tubuh termasuk jaringan otak.

Terhambatnya suplai oksigen ini akan berakibat kepada rusak bahkan matinya sel-sel yang ada pada jaringan tersebut.

Pembekuan darah ini pada kondisi umum akan dianggap normal namun kasus pembekuan yang timbul pada kasus corona cukup mengkhawatirkan, sebab virus corona atau Covid-19 ini dapat mengaktifkan sitokin dan respons peradangan yang ada di dalam tubuh sehingga proses pembekuan darah dapat lebih cepat meningkat.

Berikut ini adalah beberapa tanda atau dampak dari virus Corona atau Covid-19 apabila sudah memberikan pengaruh atau berdampak kepada aliran darah:

Terjadi Pembengkakan atau Peradangan Yang Aneh

Dampak yang ditimbulkan virus corona atau Covid-19 ini apabila sudah mencapai kulit, maka akan timbul beberapa area pembengkakan atau peradangan yang tidak dapat diketahui penyebabnya.

Dengan terjadinya pembekuan darah di jaringan tertentu maka akan timbul peradangan dan pembengkakan yang cukup menyakitkan.

Pasien corona yang mengalami pembengkakan ini sebagian besar akan mengalami mati rasa pada area tertentu dan nyeri pada tungkai atau jari, sebaiknya jangan menganggap remeh tanda-tanda ini.

Perubahan Warna Kulit atau Terjadi Ruam

Terjadinya ruam pada kulit atau perubahan warna bisa tampak dengan jelas karena aliran darah yang terhambat dan tidak lancar. Biasanya akan menimbulkan warna ruam biru-ungu-merah di kulit penderita.

Stroke

Kelanjutan dari aliran darah yang terhambat tentunya akan berakibat kepada terjadinya stroke. Dan ini bukanlah hal yang mustahil terjadi pada penderita positif corona.

Paru-Paru dan Jantung Juga Terancam

Seseorang yang terlihat sehat dan tidak ada riwayat penyakit jantung bahkan yang memiliki pola makan sehat sekalipun apabila terkena gangguan paru-paru dan jantung secara tiba-tiba sebaiknya segera memeriksakan diri secara lengkap.

Hal ini bisa saja pasien sudah terkena virus corona bahkan yang sudah terkena sekalipun setelah beberapa Minggu bahkan beberapa bulan kemudian akan mengalami gangguan pada paru-paru dan jantung.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250