Jika Kaimana Punya Wisata Alam, Timika Juga Punya Kampus Biru dan Ipaya, Mengapa Tidak Dimaksimalkan ?

by -
Johan Ade Matulesy
Johan Ade Matulessy di tempat Wisata Bahari Tanjung Simora Kaimana

Kaimana, fajarpapua.com – Keindahan Kaimana sudah dikenal dunia. Hal itu tidak terlepas perhatian penuh pemerintah daerah setempat dalam memberdayakan potensi wisata alam yang ada.

Sebut saja Teluk Triton. Saat ini daerah itu disebut sebagai salah satu destinasi wisata favourit turis domestik dan mancanegara. Keindahan teluk Triton yang konon mirip Raja Ampat, menarik minat para wisatawan, terutama domestik.

Sepanjang pelayaran ke Triton ada gunung Lobo yang diyakini menyimpan mustika burung garuda, Namatota (dinding karang dengan bekas telapak tangan manusia berusia ribuan tahun). Semua itu menjadi satu rangkaian keunikan alam menuju teluk surga nan indah tersebut.

Selain Teluk Triton, ada juga teluk Sisir, Kali Biru, Wisata Bahari Tanjung Simora dan yang paling fenomenal Senja Indah Kaimana.

Selain wisata alam, Kaimana juga punya wisata bawah laut dengan keindahan karang yang luar biasa.

Lalu pertanyaannya mengapa daerah dengan APBD kecil tersebut mampu menghidupkan dunia pariwisatanya?.

“Jawabannya cuma satu, karena mereka tahu kekayaan alam itu tidak akan pernah habis, jadi harus dimaksimalkan,” ungkap Mantan Anggota DPRD Mimika kelahiran Kaimana, Johan Ade Matulessy kepada fajarpapua.com, Sabtu (27/2).

Ia mengemukakan, hal yang patut diacungi jempol, Pemda Kaimana mampu memaksimalkan potensi alam yang tidak akan habis pakai untuk menghidupi daerahnya.