Pemda Mimika Kebagian 7 Persen Saham Freeport, Pemprov Papua 3 Persen, Dikelola BUMD PT Papua Divestasi Mandiri

by -
Area tambang PT Freeport Indonesia

Jakarta, fajarpapua.com – Pemerintah Provinsi Papua akan mendapatkan 10 persen saham PT Freeport Indonesia melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Papua Divestasi Mandiri (PT PDM).

Dari jumlah tersebut, Pemda Kabupaten Mimika akan mengenggam saham sebesar 70 persen (atau 7 Persen dari total keseluruhan saham dan Pemprov Papua 30 persen (atau 3 persen dari keseluruhan saham).

Hal ini sesuai dengan Perjanjian Induk antara Menteri Keuangan, Menteri ESDM, dan Menteri BUMN, Pemprov Papua, Pemkab Mimika, dan PT Inalum (Persero) atau MIND ID.

Dimana disepakati keterlibatan Pemda Papua melalui BUMD sebagai pemegang saham PTIPMM sehingga Pemda Papua memiliki saham secara tidak langsung dalam Freeport Indonesia sebesar 10 persen.

Dimana porsi kepemilikan saham Pemda Papua melalui BUMD sebesar 10 persen dari total saham Freeport Indonesia tersebut terdiri atas Pemprov Papua sebesar 3 persen dan Pemda Kabupaten Mimika sebesar 7 persen.

Setelah pembentukan konsorsium BUMD antara Pemprov Papua dan Pemkab Mimika, porsi 10 persen saham Pemda Papua akan terbagi menjadi Pemkab Mimika sebesar 70 persen dan Pemprov Papua sebesar 30 persen.

Kabiro Hukum Setda Pemprov Papua Derek Hegemur mengungkapkan pertemuan rutin telah dilakukan antara Pemprov dan Pemkab untuk pembahasan pengalihan jatah saham ini.