Mimpi Pemekaran Papua Tengah Buyar, Papan Nama di Kantor Bupati Mimika Sebaiknya Dicopot

by -
Provinsi Papua Tengah
Plang nama Kantor Pusat Pemerintahan Gubernur Provinsi Papua Tengah.

Timika, fajarpapua.com – Mimpi para pemangku politik di Kabupaten Mimika untuk menjadikan Kota Timika ibukota Papua Tengah nampaknya belum terwujud dalam waktu dekat.

Padahal mimpi terbentuknya Provinsi Papua Tengah sempat membuat heboh warga Kabupaten Mimika pada akhir Maret 2021 lalu.

Bagaimana tidak heboh, karena bersamaan dengan kunjungan Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik ke Timika pada Minggu 28 Maret 2021 lalu secara tiba-tiba terpasang papan nama di Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika yang bertuliskan Pemerintah Provinsi Papua Tengah, Kantor Pusat Pemerintahan Gubernur Provinsi Papua Tengah

Harapan tersebut semakin melambung karena pada 8 April 2021 lalu sebagian besar media di Tanah Air merilis berita terkait rencana pengesahan 8 provinsi baru oleh pemerintah termasuk Provinsi Papua Tengah.

Ternyata semua itu hanya isapan jempol belaka, mimpi untuk melihat Provinsi Papua Tengah dalam waktu dekat ini nampaknya harus dikubur. Bahkan, papan nama tersebut sebaiknya dicopot. Hal ini tidak terlepas dari keputusan pemerintah pusat yang menegaskan tidak adanya pemekaran daerah otonom baru (DOB) di Indonesia.