BERITA UTAMAMIMIKA

Sejak Sabtu Kemarin, Pasukan TNI Polri Mulai Tiba di Ilaga, Terus Lakukan Pengejaran KKB

pngtree vector tick icon png image 1025736
11
×

Sejak Sabtu Kemarin, Pasukan TNI Polri Mulai Tiba di Ilaga, Terus Lakukan Pengejaran KKB

Share this article
Pasukan Setan TNI Yonif 315 Garuda
Pasukan Setan TNI Yonif 315 Garuda yang dikirim ke Ilaga Papua.

Timika, fajarpapua.com – Dalam rangka memburu KKB yang sudah ditetapkan sebagai teroris, pasukan gabungan TNI dan polisi sejak Sabtu pagi mulai dikirim ke Ilaga, Kabupaten Puncak.

“Sabtu pagi pasukan TNI dan Polri telah tiba di Distrik Ilaga dalam rangka melakukan pengamanan kegiatan masyarakat maupun pengejaran tehadap KKB yang sekarang ini telah disebut sebagai Kelompok Teroris,” kata Kasatgas Nemangkawi, AKBP  Iqbal Alqudusy, di Timika, Sabtu (1/5).

ads

Ia mengatakan, kehadiran personel gabungan itu di wilayah Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak itu sebagai representasi negara di tengah masyarakat setempat.

Disebutkan, pengiriman pasukan TNI dan polisi ke Ilaga itu tidak lepas dari semakin masifnya kelompok bersenjata menebar teror dan kekerasan terhadap masyarakat maupun aparat keamanan.

Puncak dari gangguan keamanan oleh mereka yaitu yakni dengan gugurnya Kepala BIN Daerah Papua, Mayor Jenderal TNI (Anumerta) I Gusti Putu Danny Nugraha Karya di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4).

Sebelumnya kelompok bersenjata di Papua telah membunuh dua orang guru yang bertugas di Distrik Beoga, dan seorang tukang ojek serta seorang pelajar SMA di Distrik Ilaga.

Terbaru, satu personel Brigade Mobil Kepolisian Indonesia atas nama Bhayangkara Satu (Anumerta) I Komang Wira Natha, juga gugur saat kontak tembak dengan kelompok bersenjata di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Selasa (27/4).

“Dengan semakin masifnya kelompok ini menebar teror maka mendorong pemerintah mengambil sikap tegas dengan mengganti istilah KKB menjadi teroris,” kata Alqudusy.

Sejauh ini, katanya, situasi keamanan di Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak, cukup kondusif, masyarakat setempat tetap beraktivitas sebagaimana biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *