BERITA UTAMAMIMIKA

Buntut Pengusaha Besar Mimika Diperiksa KPK, Wakil Ketua II DPRD Ingatkan DPU Evaluasi Pemberian Proyek

cropped cnthijau.png
7
×

Buntut Pengusaha Besar Mimika Diperiksa KPK, Wakil Ketua II DPRD Ingatkan DPU Evaluasi Pemberian Proyek

Share this article
Wakil Ketua II DPRD Mimika, John Thie
Wakil Ketua II DPRD Mimika, John Thie

“Hari ini (Senin,red.), pemeriksaan saksi Nurdin Abdullah terkait kasus tindak pidana korupsi suap perizinan dan pembangunan infrastruktur di lingkungan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan tahun anggaran 2020-2021,” kata Humas KPK, Ali Fikri melalui rilis tertulis yang diterima redaksi, Selasa (25/5).

Pada pemeriksaan Senin (24/5), dua saksi tidak hadir yakni Liestiaty Fachruddin, istri Gubernur Sulsel non aktif Nurdin Abdullah.

“Liesty tidak hadir dan mengkonfirmasi kepada tim penyidik dengan alasan menolak menjadi saksi untuk tersangka Nurdin Abdullah,” kata Ali Fikri lagi.

ads

Dikemukakan, hanya dua saksi yang hadir yakni Haeruddin dan Andi Makkasau. Tim penyidik akan tetap menjadwalkan pemanggilan dua saksi yang mangkir.

KPK mengingatkan kewajiban sebagai saksi untuk kooperatif hadir di jadwal pemanggilan berikutnya,” tambahnya.

Seorang Pengusaha Besar Mimika Terseret Kasus Suap Nurdin Abdullah, Bakal Diperiksa KPK di Polda Sulsel(Opens in a new browser tab)

Nama Lies sebelumnya tertera pada situs Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Makassar. Bersama sejumlah barang bukti terdakwa Agung Sucipto. Pengusaha yang didakwa menyuap Nurdin Abdullah.

KPK pernah menyita barang bukti dua halaman aplikasi setoran atau kliring/inkaso Bank Mandiri validasi pada tanggal 12 Juni 2019 pukul 12:32:00 sebesar Rp70 juta.

Uang itu ditransfer ke rekening 174-00-0176196-4 atas nama Liesty Fachruddin, istri Nurdin Abdullah.

Bukti lain yakni satu lembar tanda terima perhiasan Paris Jewelry no. 23953 yang diterima dari ibu Daya buat pembayaran perhiasan total Rp40 juta pada tanggal 1 Februari 2020.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *