BERITA UTAMA

Tiba-Tiba Merasa Kedinginan Tanpa Sebab? Mungkin Ini yang Terjadi dalam Tubuh

cropped cnthijau.png
13
×

Tiba-Tiba Merasa Kedinginan Tanpa Sebab? Mungkin Ini yang Terjadi dalam Tubuh

Share this article
kedinginan
kedinginan

Pernahkah Anda menggigil mendadak? Tubuh Anda terasa kedinginan walau suhu udara sedang normal dan tubuh tidak menandakan gejala demam? Kondisi ini bisa terjadi akibat berbagai hal dan tidak boleh Anda abaikan, apalagi bila kondisi tersebut sering Anda rasakan, tidak hanya sekali atau dua kali.

Penyebab Tiba-Tiba Tubuh Kedinginan Meski Tanpa Demam

ads
07bd6ffd 5e27 4ae9 89d9 50017f4b52b2 169
kedinginan (ilustrasi)

Terdapat banyak penyebab mengapa tubuh secara tiba-tiba merasa kedinginan hingga menggigil, beberapa penyebabnya berupa:

Habis Lakukan Kegiatan Fisik Ekstrim

Rasa kedinginan bisa Anda rasakan setelah melakukan kegiatan fisik ekstrim seperti olahraga berat. Tubuh yang menggigil dipicu oleh meningkatnya suhu dalam tubuh akibat kegiatan fisik tersebut. Contohnya saat lari marathon, mengikuti kelas olahraga khusus untuk pertama kali, maupun kegiatan lainnya, termasuk menjalani tes fisik tanpa persiapan matang.

Gejala Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan suatu kondisi ketika kelenjar tiroid dalam tubuh tidak diproduksi secara normal, sehingga membuat hormon tiroid terganggu dan menurunkan proses metabolisme dalam tubuh.

Gejala hipotiroidisme lainnya yaitu rasa lelah berlebih, adanya pembengkakan, kenaikan berat badan yang signifikan, hingga penurunan detak jantung.

Kondisi Hipoglikemia

Selanjutnya ada hipoglikemia yang berupa kondisi ketika kadar gula dalam darah menurun cukup drastis. Kondisi ini biasanya dialami oleh penderita diabetes atau penderita autoimun. Hipoglikemia juga bisa terjadi ketika Anda telat atau belum makan seharian.

Selain kedinginan, bisa dibarengi dengan mata berkunang-kunang, sakit kepala, serta pada tingkatan parah menyebabkan hilang kesadaran dan koma.

Efek Samping Setelah Operasi

Rasa kedinginan sampai menggigil umum dialami sebagai efek samping kegiatan operasi. Anda yang baru melalui tahapan operasi bisa mengalami kondisi ini yang mana normal karena suhu tubuh turun saat proses operasi. Nantinya suhu tubuh perlahan akan menjadi normal.

Stress dan Rasa Takut Berlebih

Mendadak kedinginan atau tubuh menggigil bisa karena Anda sedang sangat stress atau merasakan perasaan takut yang berlebihan. Kondisi tersebut menjadi reaksi dari pelepasan dopamin dari otak secara alami. Segera konsultasi pada dokter jika gejala kedinginan atau menggigil yang Anda rasakan sudah sangat mengganggu rutinitas, maupun tidak juga hilang. Begitupun bila diikuti gejala tambahan seperti sakit kepala hebat, mata berkunang-kunang, gangguan pencernaan, dan gejala lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *