Merasa Mudah Lapar? Berikut Penyebab-Penyebabnya yang Bisa Anda Hindari

by -
mudah lapar
mudah lapar

Banyak dari Anda yang sering merasa mudah lapar di waktu-waktu tidak terduga meski sudah makan berat. Terdapat berbagai macam kondisi yang bisa berpengaruh terhadap datangnya rasa lapar walau sudah makan dalam porsi banyak.

Selain berisiko membuat Anda alami obesitas, organ-organ dalam tubuh rentan terganggu yang mana memicu penyakit tertentu,, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Faktor Penyebab Sering Merasa Mudah Lapar

Berbeda pada kondisi wanita hamil yang wajar bila merasa mudah lapar, Anda bisa pahami beberapa penyebab, sekaligus menghindarinya untuk mengatur pola makan yang lebih sehat.

Menu Makanan Kurang Bernutrisi

Terbiasa lebih banyak konsumsi menu berisikan karbohidrat tanpa adanya menu pelengkap dengan nutrisi seimbang jadi salah satu penyebab Anda jadi mudah lapar. Nutrisi dalam makanan, mulai dari vitamin, kalsium, magnesium, zinc, protein, mineral, dan lain-lainnya ini memiliki peran besar dalam menstabilkan berat badan kita.

Begitu juga dengan kandungan serat untuk membantu lancarkan pencernaan. Bila asupan sehari-hari kurang seimbang, lebih banyak konsumsi karbohidrat atau bahkan lemak, maka sistem pencernaan pun terganggu karena merasa kebutuhannya belum terpenuhi, hingga memicu rasa lapar.

Terlalu Banyak Konsumsi Produk Olahan

Penyebab lainnya adalah terbiasa konsumsi produk olahan seperti makanan kaleng, sosis, nugget, mie instan, kornet, camilan dan minuman kemasan, serta bahan makanan cepat saji lainnya yang mudah untuk dimasak. Produk-produk olahan tersebut umumnya tidak mengandung nutrisi dan gizi seimbang, tinggi gula, juga mengandung bahan pengawet.

Konsumsi gula melebihi batas maksimal hampir setiap hari bisa memicu Anda jadi mudah resah dan merasa ingin makan lebih banyak. Tingginya kadar gula dalam darah turut berperan sebagai penyebab utama diabetes.

Mengabaikan Jadwal Makan

Anda yang sering mengabaikan jadwal makan, tidak mengatur waktu makan di keseharian, sangat mungkin alami kondisi lapar di waktu-waktu yang tidak seharusnya. Misalnya saat Anda melewatkan sarapan dan terbiasa menggabungkannya di jam makan siang saja. Kemudian juga melewatkan jam makan malam atau menggantinya hanya dengan konsumsi camilan.

Mulai mengatur pola makan sehari-hari dan menghindari penyebab-penyebab di atas akan membantu Anda mendapat berat badan ideal, juga tentu menjaga kesehatan tubuh.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250