Jalan Budi Utomo Dijadikan Satu Arah, Opsi Penataan dan Regulasi Parkir Dikesampingkan?

by -
Parkir Ilustrasi
Parkir Ilustrasi

Penulis : Mustofa

(Redaktur fajarpapua.com)

DINAS PERHUBUNGAN Kabupaten Mimika mulai Kamis, 1 Juli 2021 memutuskan untuk merubah Jalan Budi Utomo menjadi one way atau jalan satu arah.

Keputusan ini kemudian banyak menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat terutama mereka yang bermukim di Kota Timika.

Bagi sebagian warga, perubahan Jalan Budi Utomo menjadi satu arah dinilai sebagai langkah yang bagus dalam mengurangi kemacetan yang terjadi di beberapa titik di ruas jalan tersebut.

Alasan ini setidaknya sejalan dengan pemikiran dari Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika bahwa kebijakan tersebut diambil karena volume kendaraan yang melalui Jalan Budi Utomo sudah over kapasitas.

Kesimpulan over kapasitas ini didapat oleh dinas perhubungan melalui survey dan pengamatan yang dilakukan dengan membandingkan jumlah kendaraan dengan luas jalan.

Meski ada yang pro, namun tidak sedikit juga masyarakat terutama warga yang bermukim di wilayah tersebut maupun pelaku usaha yang ada disepanjang Jalan Budi Utomo, yang kontra dengan kebijakan tersebut.

Menurut mereka, kebijakan merubah Jalan Budi Utomo menjadi satu arah sebenarnya belum waktunya diterapkan saat ini.

Alasannya, jika kemacetan yang dijadikan dasar untuk merubah alur jalan menjadi satu arah menurut mereka terlalu dibesar-besarkan atau bahkan hanya sebagai pembenaran terkait kebijakan tersebut.

Hal ini karena, secara real penumpukan kendaraan yang kemudian dibilang sebagai kemacetan hanya terjadi pada jam-jam tertentu seperti pada pagi dan sore hari.

A valid URL was not provided.