Viral di Facebook ! Curhatan Sedih Buruh Bangunan Akibat PPKM di Timika, Merasa Putus Asa dan Ingin Gantung Diri

by -
postingan di group fb
postingan di group fb

Timika,fajarpapua.com – Cuitan seorang pemuda berinisial ATA mengenai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang ditetapkan Pemda Kabupaten Mimika di salah satu group Facebook pada Rabu (7/7) menjadi viral.

Bagaimana tidak, dalam unggahannya ATA yang mengaku lahir dan besar di Timika selama ini kesulitan mencari pekerjaan dan akhirnya terpaksa sebagai buruh bangunan meski pendapatannya tidak seberapa.

Meski penghasilannya yang sebesar Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu perhari dinilai tidak mencukupi, namun hal itu bisa ia terima. Karena pada sore harinya ia menyambi bekerja tambahan sebagai tukang ojek selepas bekerja sebagai buruh bangunan.

Namun akibat PPKM yang diterapkan oleh Pemda Mimika yang membatasi aktivitas warga dari pukul 06.00 WIT hingga 18.00 WIT, dunia diakui oleh ATA seakan runtuh.

Hal ini membuat pemuda ini merasa kehilangan harapan sehingga membuatnya putus asa dan ingin mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

“Min saya ingin curhat dengan masyarakat timika sya lahir besar di timika , sya kerja di proyek drainase air milik pemerintahan kami borongan digaji hnya 80-90 ribu kadang juga digaji perbulan tpi itu di bayr 3 bln skli dengan alsan dana belum cair,” ujar ATA dalam unggahannya.

Selain gajinya yang kecil, ATA juga mengaku pihak kontraktor masih memotong pendapatannya untuk BPJS dan administrasi bank.

“Ketika cair gaji kami dipotong sebesar 200 ribu untuk bpjs dan 400 ribu potongan admin bank oke kami tidak mengeluh karna kami bisa tutupin dengan ojek jam 5 sore plng kerja ojek, bnyak yang bertanya kenpa tidak cari kerja , ya ampun sya sudah berusaha kiri kanan kirim lamaran tpi tidak pernah di pangil dan saya sdar kerja di timika ini harus ada orang dalam atau hanya orang2 yang luar timika yang bisa kerja,” tulis ATA.

Namun harapannya menambah penghasilan dari mengojek kinipun pupus akibat diberlakukannya PPKM oleh Pemda Kabupaten Mimika.

“Tapi pas saya tau ada aturan ppkm saya rasa langsung drop. Tuhan aturan ini yang membuat kmi rakyat kecil sengsara, rasa setengah mati saya harus bagaimana ini tanggungan banyak uang tdk ada,” keluh ATA dalam unggahan lanjutnya.

Akibat rasa putus asa itu, ATA mengungkapkan jika suatu saat ada berita pemuda gantung diri, itu mungkin saja dirinya.

BACA JUGA:  Ramai di Media Sosial "Kartu Sakti" Biar Lolos Penyekatan Selama PPKM di Timika Dijual Rp 50 Ribu

“Mungkin nnti kalau ada berita ditemukan seorang pemuda gantung diri itu saya sudah saya sudah putus asah sekli,” tutupnya.

Tak ayal unggahan ATA ini mendapat banyak tanggapan dan menimbulkan reaksi yang beragam dari warganet Timika.

Ada yang memberi penguatan, agar ATA tidak putus asa namun ada juga akun media sosial yang mencibir curhatan tersebut.

“Tetap semangat ade. Ini bukan akhir dari hidup. Pada akhirnya suatu saat, Tuhan akan menjawab Doa orang yg tertindas,” tulis akun Rony Leisubun saat mengomentari unggahan ATA.

Ada juga pengguna media sosial yang menawarkan pekerjaan sebagai buruh bangunan dengan penghasilan yang jauh lebih besar dari yang diterimanya saat ini.

“Kawan besok datang aja di skolah SENTRA PENDIDIKAN tepatnya di SMP sy ada proyek di sana kebetulan sy lagi butuh tenaga tukang,,, kalau tukang sy kasih gaji 200.000 /hr,, helper,, 150.000/hr besok sy tunggu kawan kalau ko mau atau langsung tlpn aja di no 0812381037xx,” tulis akun Iswadi Umbas.

ata
ata

Sementara akun Manu Yanyaan menilai ATA tidak memiliki iman yang kuat dan minta kepada yang bersangkutan untuk sering beribadah sehingga bisa bersyukur.

“Kurang iman mungkin ….saran sy ke gereja sedikit boleh …biar tahu bersyukur,” komentarnya.

Demikian juga akun Ayub Naek yang juga meminta ATA untuk banyak bersyukur dan sebagai lelaki jangan selalu mengeluh.

“Banyak bersyukur adek. Anda msh bs menghirup nafas smpe hari ini krna Tuhan baik.jgn mengeluh jadilah laki2 sejati banyak yg tak seberuntung anda,” tulisnya.

Hingga berita ini ditulis, unggahan ATA ini telah mendapat lebih dari 300 komentar warganet serta mendapat lebih dari 320 like. (mas)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250