Wajib Dibaca Semua Kontingen !!!, Ini Profil dan Karakteristik 4 Wilayah Klaster Pelaksana PON XX Papua

by -
Stadion Lukas Enembe
Stadion Lukas Enembe

Jayapura, fajarpapua.com – Perhelatan akbar multievent di Indonesia, Pekan Olahraga Papua (PON) XX 2021 Papua yang berlangsung di empat kluster yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika tinggal menghitung hari karena secara resmi akan dimulai 2-15 Oktober.

Sebagai tuan rumah, Provinsi Papua adalah provinsi paling timur di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terletak di Pulau Nugini bagian barat dan merupakan pulau terbesar ke-2 di dunia serta berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini.

Bumi Cenderawasih ini sejak 1969 dikenal dengan nama Irian Barat. Nama itu sendiri kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Presiden Soeharto pada 1973 bersamaan dengan peresmian tambang tembaga dan emas Freeport.

Asal kata Irian adalah Indonesia Anti-Netherland. Nama Irian Jaya sendiri kemudian diganti menjadi Papua pada era Presiden RI keempat KH Abdurahman Wahid sesuai dengan UU No. 21/2001 tentang Otonomi Khusus Papua.

Dengan luas wilayah provinsi sebesar 316.553,07 km2 menjadikannya sebagai provinsi terluas di Indonesia yang dihuni oleh 3.435.430 jiwa (BPS, 2020).

Provinsi Papua terdiri dari 255 Suku dan 290 Bahasa, serta terdapat lima wilayah adat yaitu Mamta dan Saereri di bagian Utara, La Pago dan Mee Pago di bagian Tengah dan Anim Ha di bagian Selatan. Didalamnya mencakup 28 Kabupaten dan 1 Kota Jayapura, 576 Distrik, 159 Kelurahan serta 5.549 kampung/desa.

BACA JUGA:  Eksibisi Selancar Ombak Memasuki Putaran Akhir

Papua terletak di bagian paling timur Indonesia, waktu yang berlaku di sini adalah Waktu Indonesia Timur (WIT) dengan selisih 9 jam dari waktu Greenwich atau bisa dikatakan waktu di Papua lebih cepat 2 jam daripada Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kondisi waktu tersebut menjadikan Provinsi Papua merupakan Provinsi yang paling pertama mendapatkan sinar matahari dari seluruh provinsi di wilayah NKRI.

Klaster  Kota Jayapura

Kota Jayapura adalah ibu kota Provinsi Papua. Kota ini didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P. Sanchse dari Kerajaan Belanda pada 7 Maret 1910 dengan nama Hollandia, setelah itu kota ini sempat disebut Kota Baru dan Sokarnopura pada 1964 sebelum menyandang nama yang sekarang Jayapura.

INFO IKLAN 0812-3406-8145
PESPARAWI XIII 2021 TANAH PAPUA | PAPUA BARAT JUGA IKUT SERTA DALAM PENYELENGGARAAN PESPARAWI XIII