Komandan Operasi Teroris KKB Wilayah Ngalum-Kupel Tewas Ditembak Aparat, 2 Terluka

by -
Elly M. Bidana
Elly M. Bidana

Timika, fajarpapua.com – Kontak tembak terjadi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, melibatkan TNI/Polri versus teroris KKB. Satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) itu tewas dan dua terluka.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes (Pol) AM Kamal melalui release yang diterima fajarpapua.com Jumat (17/9) menjelaskan sebelum KKB membakar fasilitas umum Senin (13/9), sebelumnya tim gabungan melakukan penyisiran. Disela-sela penyisiran KKB menembak ke arah tim gabungan.

Diketahui KKB yang berada di lokasi tersebut merupakan kelompok Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo. Personil melakukan tembakan balasan, sehingga terjadi kontak tembak.

Alhasil personel gabungan berhasil melumpuhkan 3 anggota KKB, 1 meninggal dunia dan 2 lainnya terluka.

Salah satu anggota KKB yang meninggal bernama Elly M Bidana. Korban merupakan Komandan Operasi KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo.

Dijelaskan, jenazah Elly dibawa oleh anggota KKB, sehingga diperkirakan saat ini kelompok tersebut masih berada di area Pegunungan Bintang.

Tidak sampai disitu, Personel Gabungan TNI-Polri yang masih berada di Distrik Kiwirok tetap melakukan pengejaran dan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas oleh KKB.

Setelah terjadi kontak tembak, hingga saat ini situasi di wilayah Kiwirok dalam keadaan kondusif.

Diungkapkan, kontak tembak terjadi pasca terjadinya pembakaran fasilitas publik diantaranya Kantor Distrik, Puskesmas, Bank dan Rumah Warga di Distrik Kiwirok dan Distrik Okhika.

Kabupaten Pegunungan Bintang dengan jumlah 34 Distrik, belum merasakan pelayanan maksimal. Kendati demikian Pegunungan Bintang dengan luas wilayah 15.863 itu memiliki 6 pos polisi, diantaranya tiga Polsek dan tiga Polsubsektor.

Akhir-akhir ini KKB Ngalum-Kupel pimpinan Lamek Taplo telah beberapa kali melakukan aksi kekerasan khususnya di Distrik terjauh di Kabupaten Pegunungan Bintang.

Termasuk yang baru-baru ini terjadi, aksi kekerasan di 2 Distrik tepatnya hari Senin tanggal 13 September 2021, KKB melakukan pembakaran dan kekerasan di Distrik Kiwirok. Selain itu hari Selasa kembali melakukan pembakaran di Distrik Okhika. (rul)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.