BERITA UTAMAMIMIKA

Dinkes Mimika Kolaborasi PTFI Lakukan Riset Kesehatan Dasar, Sasarari : Prioritas 13 Distrik yang Didominasi OAP

cropped cnthijau.png
11
×

Dinkes Mimika Kolaborasi PTFI Lakukan Riset Kesehatan Dasar, Sasarari : Prioritas 13 Distrik yang Didominasi OAP

Share this article
Launcing Riskesdas antara Dinkes Mimika dan PTFI di Aula Horison Diana Timika.
Launcing Riskesdas antara Dinkes Mimika dan PTFI di Aula Horison Diana Timika.

Timika, fajarpapua.comPT Freeport Indonesia tetap konsen memperhatikan tingkat pencapaian upaya peningkatan kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Mimika.

ads

Salah satu kegiatan yang dilakukn seperti melalui lembaga YPMAK, PTFI membangun klinik di kampung-kampung.

Untuk mengukur sejauhmana keberhasilan program tersebut, Dinas Kesehatan Mimika berkolaborasi dengan PT Freeport Indonesia melaunching kegiatan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2021.

Riset mulai dilakukan Kamis (7/10) yang dilakukan selama 4 bulan hingga minggu ketiga Februari 2022 baru diketahui hasilnya.

Launching Riskesdas dilakukan di Hotel Diana Timika oleh Asisten I Setda Mimika Yulianus Sasarari, Kepala Dinas Kesehatan Reynod Ubra dan Director & EVP Social Responsibility & Community Development PTFI, Claus Oscar Ronald Wamafma.

Dalam sambutannya Reynold Ubra mengatakan, riset kesehatan dilakukan untuk memberikan gambaran umum bagaimana situasi dan kondisi wilayah yang sesunguhnya dari pelayanan kesehatan yang telah diberikan kepada masyarakat.

Dikemukakan, Riset kesehatan menjadi tanggungjawab semua kabupaten kota yang dilakukan secara berkala dengan tujuan melakukan evaluasi sejauh mana kemajuan pelayanan kesehatan yang diamanatkan dalam rencana pembangunan daerah.

“Kalau riset kesehatan nasional memotret sejauh mana RPJMN sementara riset kesehatan di tingkat kabupaten kota kita untuk mengevaluasi apakah visi dan misi kepala daerah, khususnya dalam bidang kesehatan yang selalu menjadi prioritas investasi, angaran dan biaya yang dialokasikan sebagimana arah kebijakan pemerintah daerah, tercapai atau tidak?,” jelasnya.

Reynold Ubra mengatakan Kabupaten Mimika merupakan salah satu dari ratusan kabupaten di Indonesia yang secara mandiri dapat melakukan riset kesehatan daerah ini.

“Kami berterimakasih kepada bupati Mimika, PT Freeport Indonesia atas dukungan dan kerjasama ini,” ujarnya.
Dijelaskan Ubra, Pemda Mimika dan PT Freeport Indonesia adalah mitra kerja yang sejak lama telah melakukan koordinasi dan kerjasama dalam bidang kesehatan.

“Kita akan melihat secara bersama-sama (PTFI), tidak dalam rangka membanding-bandingkan, tetapi apakah kemitraan ini memberikan dampak positif terhadap derajat kesehatan masyarakat di Mimika?,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *