Pemimpin Baru Boven Digoel Hengki-Lexi ‘Dielukan’ Ribuan Massa

by -
Lautan massa menyambut Pasangan Bupati dan Wakil Bupat Boven Digoel, Hengki Yaluwo-Lexi Romel Wagiu di halaman Bandara Tanah Merah. (Foto: Hendrik).
Lautan massa menyambut Pasangan Bupati dan Wakil Bupat Boven Digoel, Hengki Yaluwo-Lexi Romel Wagiu di halaman Bandara Tanah Merah. (Foto: Hendrik).

Tanah Merah, fajarpapua.com – Ribuan massa masyarakat Kabupaten Boven Digoel mengelu-elukan (menyambut meriah) kedatangan Bupati dan Wakil Bupati, Hengki Yaluwo, S.Sos- Lexi Romel Wagiu di Bandara Tanah Merah Boven Digoel, Rabu (20/10).


Pantauan fajarpapua.com, rombongan Hengki-Lexi yang tiba menggunakan pesawat jenis ATR Trigana Air PK-YRR pukul 15.30 WIT didampingi Tokoh Besar Boven Digoel, Yusak Yaluwo.
Hengki-Lexi yang dilantik Gubernur Papua, Lukas Enembe di Jayapura 13 Oktober 2021 itu disambut oleh para tokoh adat, tokoh agama, unsur Forkopimda, pimpinan SKPD dan seluruh jajaran Pemkab Boven Digoel di landasan pacu bandara Tanah Merah.

33c067c3 41b9 484c 88ba 8c844e3ccd85
Dengan berjalan kaki, Pasangan Hengki-Lexi dihantar menuju kediaman Yusak Yaluwo. (Foto: Hendrik).


Orang nomor satu dan dua di Kabupaten Boven Digoel ini kemudian diarak keliling kota menggunakan mobil terbuka diiringi tari-tarian adat khas Papua dari Suku Wambon, Suku Mandobo, Suku Muyu, Suku Wamena (Pegunungan Tengah) dengan rute dari Bandara Tanah Merah, Jl. Kampung Wet, Jl. Ambonggo, Jl. Trans Papua menuju kediaman ‘Kaka Besar’ sebutan untuk Toko Besar Boven Digoel, Yusak Yaluwo.

banner 300250


Di kediaman Yusak Yaluwo masyarakat Boven Digoel melakukan upacara syukuran atas hadirnya pemimpin baru Hengki Yaluwo-Lexi Romel Wagiu yang dihadiri oleh warga peguyuban dari berbagai etnis Nusantara yang mendiami Tanah Boven Digoel.


Malam harinya, Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel ini dihantar ke honai kediaman Hengki Yaluwo di Kampung Wet Tanah Merah dan juga disambut dengan tarian injak piring dari Pegunungan Tengah sekitar pukul 19.30 WIT, kemudian merayakan upacara syukuran dengan masyarakat Suku Wamena melalui ritual ‘bakar batu’ yang sudah dipersiapkan sejak siang hari.


Masyarakat Boven Digoel begitu antusias menyambut kehadiran pemimpin baru yang akan menahkodai kabupaten itu selama tiga tahun kedepan. Masyarakat sangat merindukan sosok kepala daerah yang akan membawa perubahan di tanah Digoel itu dengan segala perbaikan di bidang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
“Kami masyarakat sangat senang sekarang sudah ada bupati. Setidaknya, pembangunan masa depan Boven Digoel akan mulai berjalan. Selama ini kita tunggu-tunggu, kita merindukan pemimpin Boven Digoel. Kita harapkan kedepan akan lebih baik dari yang lalu-lalu bisa memperhatikan kesejahteraan masyarakat.


“Selama ini mama dorang setengah mati mau berjualan, ekonomi kita setengah mati. Semoga dengan bupati yang baru bisa perhatikan kita masyarakat,” ungkap Yuliana, seorang Mama Papua warga Distrik Mandobo yang ikut menjemput kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel di Bandara Tanah Merah.


Tokoh Besar Masyarakat Boven Digoel, Yusak Yaluwo dalam kesempatan itu memberikan wejangan kepada pemimpin baru Boven Digoel untuk selalu setia memperhatikan dan melayani masyarakat, kapan dan dimana pun mereka berada. Pemimpin hadir karena masyarakat, seyogianya dia selalu ada bersama masyarakat.
“Proses untuk melahirkan pemimpin di Boven Digoel sangat panjang dan melelahkan, dari Pilkada Desember 2020 hingga Oktober 2021 baru dilantik. Berbagai tahapan dan rintangan sudah kita lalui, mulai dari masa penjaringan calon, seleksi di KPU, pencoblosan, PSU, gugatan ke MK hingga pelantikan.


“Kita bersyukur Bupati dan Wakil Bupati telah tiba dengan selamat di Tanah Merah. Tanggungjawab sebagai saya seorang kakak untuk membimbing keduanya ke kursi pemimpin sudah berakhir sampai di sini. Saya dan seluruh masyarakat berharap bahwa di pundak kalian berdua, pembangunan di Boven Digoel benar-benar dilaksanakan.
“Sebagai seorang kakak, belajarlah dari apa yang sudah saya berikan untuk masyarakat. Lanjutkan pembangunan yang sudah ada di Boven Digoel. Karena itu saya harapkan mulai besok, kalian berdua harus masuk kantor, mulai menata kelola pemerintahan mulai dari setiap SKPD. Saya ucapkan selamat bertugas,” tandas Yusak Yaluwo.


Sementara itu, Bupati Boven Digoel, Hengki Yaluwo, S.Sos menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung hingga dia bersama Lexi Romel Wagiu duduk sebagai Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel. Hengki meminta dukungan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, TNI/Polri dan seluruh komponen masyarakat di 20 distrik, 112 kampung untuk kepimpinannya tiga tahun kedepannya.


”Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama Kaka Besar yang telah mendukung saya dan Lexi hingga pada pelantikan tanggal 13 Oktober 2021 kemarin. Terima kasih kepada KPU Kabupaten Boven Digoel, Bawaslu dan TNI/ Polri yang sudah melaksanakan tugas negara dengan baik di atas tanah Boven Digoel. Terima kasih kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang telah mendoakan saya dan Lexi.

08a685d7 e93c 4012 9401 809c050cc692
Pasangan Hengki-Lexi tiba di Bandara Tanah Merah. (Foto: Hendrik)


“Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar di Honai yang telah menjaga saya hingga saya menjadi bupati, dan semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Sudah tidak ada lagi bupati dan wakil dari kubu 01, 02, 03 dan 04, yang ada Hengki-Lexi adalah Bupati dan Wakil Bupati Boven Digoel. Kami mohon dukungan semua pihak, karena kami sendiri tidak mampu. Tapi kalau semua pihak mendukung dan tangan Tuhan ikut campur, Tanah ini akan kami bangun,” pungkas Hengki Yaluwo optimis. (hrs).

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.