Komisi IV DPR RI Serahkan Sejumlah Alsintan kepada Kelompok Tani Boven Digoel

by -
H. Sulaeman L. Hamzah bersama melakukan Bupati Hengki Yaluwo pengecekan alsintan sebelum diserahkan ke kelompok tani di Boven Digoel. (Foto: Hendrik)
H. Sulaeman L. Hamzah bersama melakukan Bupati Hengki Yaluwo pengecekan alsintan sebelum diserahkan ke kelompok tani di Boven Digoel. (Foto: Hendrik)

Merauke, fajarpapua.com – Teruntuk ke sekian kalinya, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua, H. Sulaeman L Hamzah menyerahkan bantuan alat-alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua, Kamis (21/10).


Penyerahan bantuan alsintan dihadiri langsung oleh Bupati Boven Digoel, Hengki Yaluwo, S.Sos dan Wakil Bupati Lexi Romel Wagiu di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Boven Digoel. Alsintan yang diserahkan berupa 10 unit handsprayer, 2 unit hand tractor roda dua dan 2 unit cultivator.


Pada kesempatan itu, anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L Hamzah mengatakan, sejumlah alsintan yang diserahkan kepada kelompok tani di Boven Digoel, Papua merupakan bantuan aspirasi yang diperjuangkannya di forum sidang Senayan, setelah menjaring aspirasi masyarakat petani di setiap kali masa reses.

banner 300250


“Jadi alat-alat ini berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan). Ada dua jenis bantuan dari Kementan ini, pertama bantuan reguler yang disalurkan melalui dinas pertanian dan kedua, bantuan aspirasi yang saya bawa langsung setiap masa reses ke setiap daerah di Papua yang punya potensi di bidang pertanian,” jelas Sulaeman Hamzah saat beranjang sana dengan para petani.


Sulaeman Hamzah mengingatkan agar alat-alat dan mesin pertanian (alsintan) yang diterima kelompok tani di Boven Digoel ini digunakan sesuai peruntukkan dan dirawat dengan baik untuk menunjang pengolahan lahan pertanian masyarakat


“Tolong bapak-bapak untuk menjaga dan menggunakan dengan baik alat-alat ini. Jangan salahgunakan untuk keperluan lain, misalnya traktor bukan untuk bajak tanah, tetapi buat angkut kayu di hutan, ini yang tidak boleh,” pesannya.


Selaku anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan dan perikanan, Sulaeman Hamzah yang mewakili aspirasi masyarakat di Senayan senantiasa memperjuangkan kebutuhan masyarakat petani maupun nelayan di Papua. Dia selalu berkomitmen menjadikan petani sukses dan maju dalam memenuhi pendapatan ekonomi serta selalu bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk menunjang kebutuhan petani.


“Memang, saat ini alat-alat pertanian yang saya serahkan tidak terlalu banyak, karena harus dibagi habis ke daerah-daerah lain di Papua yang membutuhkan. Intinya, kita membangun komitmen bersama dan selalu bersinergi memajukan dunia pertanian di Boven Digoel,” ujarnya.


Sementara itu, Bupati Boven Digoel, Bupati Hengki Yaluwo, S.Sos memberikan apresiasinya yang tinggi kepada anggota Komisi IV DPR RI, H Sulaeman L Hamzah yang selalu konsisten dan gigih memperjuangkan kebutuhan petani. Terbukti, bantuan alsintan terus mengalir dari waktu-ke waktu untuk masyarakat petani di Kabupaten Boven Digoel.

a7a88a91 0837 4500 878b 154b985d7a05 1
Bupati Boven Digoel, Hengki Yaluwo (kiri) bersama Wakil Bupati Lexi Romel Wagiu memberikan pernyataan Pers. (Foto: Hendrik).


Bupati Hengki menyebutkan bahwa di Kabupaten Boven Digoel masih banyak hamparan lahan tidur yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Dengan bantuan alsintan, bupati berharap masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang tersedia guna meningkatkan pendapatan ekonomi.


“Kita akan berusaha memajukan sektor pertanian di Boven Digoel, agar pertanian kita bisa hidup dengan mendorong kemajuan kelompok tani. Dalam sisi anggaran, pemerintah akan memberikan porsinya, ini tentu untuk mendukung petani di daerah,” kata Hengki Yaluwo kepada wartawan di sela-sela penyerahan alsintan. (hrs)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 The request cannot be completed because you have exceeded your quota.