BERITA UTAMAPAPUA

Seorang Anggota KKB di Yahukimo Berhasil Dibekuk Satgas Nemangkawi, Ditemukan 5 Identitas Palsu

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Seorang Anggota KKB di Yahukimo Berhasil Dibekuk Satgas Nemangkawi, Ditemukan 5 Identitas Palsu

Share this article
Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol Drs Ahmad Musthofa Kamal SH sedang menunjuk foto barang bukti yang diamankan.
Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Pol Drs Ahmad Musthofa Kamal SH sedang menunjuk foto barang bukti yang diamankan.

Timika, fajarpapua.com – OPS Memangkawi Papua mengamankan 1 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) atas nama Yentinus Kogoya di Jalur 3 (tiga) Paradiso, Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa (2/12)

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Kasatgas Humas Ops Nemangkawi-Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH., saat dikonfirmasi fajarpapua.com membenarkan informasi penangkapan tersebut.

Yentinus merupakan DPO selaku anak buah dari pimpinan KKB wilayah Nduga Egianus Kogoya dan pimpinan KKB wilayah Yakuhimo Tendinus Gwijangge.

Dikatakan, penangkapan Yentinus berdasarkan Laporan Polisi (LP) Polres Yahukimo dengan Nomor LP/16/V/2021/Papua/Res Yahukimo, LP/23/VI/2021/PAPUA/RES YAHUKIMO tanggal 25 Juni 2021 dan LP/27/VII/2021/Papua/Res Yahukimo, tanggal 10 Juli 2021.

“Yentinus Kogoya merupakan DPO Polres Yahukimo sejak bulan Juni 2021 dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim OPS Nemangkawi Papua diketahui nama lain dari Yentinus Kogoya adalah Kumis Kogoya berdasarkan hasil dari Laporan Polisi yang dikeluarkan oleh Reskrim Polres Yahukimo,” katanya.

Dijelaskan, awal mula penangkapan terjadi saat Tim OPS Nemangkawi Papua melakukan patroli di seputaran wilayah Kota Dekai, sekitar pukul 10.00 WIT.

Saat patroli beelangsung, tim menerima laporan dari masyarakat bahwa salah satu anggota KKB wilayah Nduga dan Yahukimo sedang berada di dalam kota.

“Setelah mendapat laporan dari masyarakat, tim langsung bergerak cepat dan melakukan penyelidikan di wilayah pemukiman jalur 3 Kota Dekai,” ujar Kamal.

Pada saat itu juga, Tim melihat Yentinus sedang berboncengan dengan saudara Benius Giban (19), keduanya hendak membeli bensin.

Selanjutnya, dengan sigap tim OPS Nemangkawi Papua langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku bersama Benius Giban. Keduanya dibawa ke ruang Reskrim Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan.

Setelah diperiksa, terungkap Yentinus merupakan DPO Anggota KKB Nduga dan Yahukimo. Diakui Yentinus dirinya sudah berada di Kota Dekai selama 4 tahun. Selama 4 tahun itu dia bekerja di tambang yang berada di Kali I, Kabupaten Yahukimo.

“Yentinus Kogoya merupakan Anggota KKB yang memiliki 2 pemimpin KKB, dirinya berperan sebagai penerjemah, penghubung dan bermain dalam media sosial,” tegas Kamal.

Diungkapkan juga, Yentinus pernah terlibat dalam acara bakar batu di Kali Braza yang dihadiri kelompok KKB Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge.

Dari proses pemeriksaan, Tim OPS Nemangkawi Papua berhasil menemukan sejumlah barang bukti berupa 5 KTP elektronik atas nama Nus Haselo, Stephanus Pangalerang, Rutin Silakan dan Delius Gwijangge

Kemudian ditemukan juga 1 SIM C dan Kartu BPJS atas nama Stephanus Pangalerang, 1 buah ATM BRI, 1 butir Peluru Kaliber 45 ACP, 1 butir selongsong peluru kaliber 5,56, 1 Kartu Amazone, 3 lembar kupon, Uang sebanyak Rp. 75 ribu dengan pecahan 50 ribu, 20 ribu dan 5 ribu, 1 buah dompet kulit, 1 minyak urut GPU, 1 buah Senter kepala, pinang kering dan kapur, 1 buah Noken dan 1 buah cermin.

Hingga saat ini, Yentinus Kogoya sedang dilakukan pemeriksaan insentif terkait keterlibatannya dalam kelompok KKB Nduga dan Yahukimo yang berada di wilayah Kabupaten Yahukimo. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *