Resmi Dilantik, Lembaga Anti Narkotika Mimika Siap Pulihkan Anak Aibon di Timika

by -
Prosesi penyerahan bendera oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Yulianus Sasarari kepada pengurus LAN Timika.
Prosesi penyerahan bendera oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Yulianus Sasarari kepada pengurus LAN Timika.

Timika, fajarpapua.com – Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Mimika resmi dilantik di gedung MPCC YPMAK, Jalan Cenderawasih Lorong Agape, Selasa (30/11) sekitar pukul 10.00 WIT.

Organisasi LAN masih tergolong baru di Timika. Sebanyak 50 anggota dan pengurus LAB dilantik
Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Mimika, Julianus Sasari melalui pemasangan atribut organisasi.

Giat pelantikan ini juga dihadiri Kepala BNN Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling SH dan Kasat Resnarkoba Polres Mimika, AKP Mansur.

Dalam sambutannya, AKP Mansur mengucapkan terimakasih atas dilantiknya pengurus LAN sehingga dapat bersinergi dengan Satuan Reserse Narkoba Polres Mimika untuk menuntaskan Narkotika di Kabupaten Mimika.

“Di Kabupaten Mimika ada 3 jenis narkotika yang marak, sekarang kita melakukan proses hukum puluhan perkara,” katanya.

Dikatakan, tingkat pengedaran narkotika di Timika lumayan tinggi, dengan terbentuknya LAN diharapkan Timika dapat Bersinar (Bersih dari Narkotika).

Selanjutnya, Ketua Lembaga Anti Narkotika Timika, Mawar Selvina Soplanit saat diwawancara fajarpapua.com mengatakan dirinya bersyukur telah dilantik menjadi ketua LAN periode 2021 hingga 2026. Terkait hal itu maka Mawar juga siap mengambil resiko yang telah dititipkan organisasi.

Kedepan tidak hanya menargetkan para pengguna atau pengedar Narkotika, LAN Timika juga siap memulihkan anak-anak yang masih sering menghisap lem aibon di jalanan.

“Ini prioritas kami, anak-anak aibon akan kami kumpul mereka, karena kalau kita lihat banyak anak di Timika ada diimana-mana sehingga merupakan tugas LAN membawa anak-anak ini kembali menjadi anak-anak yang luar biasa kedepannya,” ujar Mawar.

Selain itu, sesuai peraturan organisasi (PO) pusat, LAN bergerak dengan beberapa pembina terutama Badan Narkotika Nasional (BNN) hingga Aparatur keamanan jalur darat, udara dan laut.

“Kemudian beberapa OPD terkait seperti Dinas Pendidikan, Dispora, Kesbangpol, dan Dinas Perlindungan Anak dan Perempuan dan itu merupakan mitra kerja kami sebagai Pembina karena berhubungan dengan kegiatan pembinaan,” jelas Mawar.

Dikemukakan, anggota LAN dari beberapa instansi di Kabupaten Mimika, mulai dari ASN, Swasta hingga Ibu Rumah Tangga (IRT) yang memiliki jiwa sosial tinggi.

Sesuai dengan mottonya, “Salam Satu Hati” LAN bekerja dengan jiwa sosial dan penuh hati dalam mewujudkan Kabupaten Mimika menjadi Bersinar (bersih dari narkoba).

Harapan Mawar kedepannya LAN tetap konsisten membuat Mimika menjadi Bersinar, dan juga melalui kerjasama LAN bisa menjadikan kampung tangguh anti narkotika sehingga peredaran narkoba betul-betul dikikis.

‘Dan perlu tahu bahwa setelah dilantik, setiap distrik yang ada di Kabupaten Mimika akan dibentuk 50 orang lagi, setelah distrik akan dibentuk ranting di Kelurahan 50 lagi, anak ranting setiap RT dan RW sehingga ketika 50 itu ada maka otomatis sudah mengurangi angka kasus narkoba,” pungkasnya (rul)

A valid URL was not provided.