Gubernur Papua Sebut 72 Tahun Angka Layak Sambut Perubahan-Inovasi

by -
Gubernur Papua Lukas Enembe
Gubernur Papua Lukas Enembe

Jayapura, fajarpapua.com – Gubernur Papua Lukas Enembe menyebutkan usia ke-72 adalah angka yang sudah sepatutnya menjadikan Papua sebagai daerah yang siap menyambut perubahan, terbuka akan inovasi dan dewasa dalam bersinergi.

Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus kepada wartawan di Jayapura, Senin, mengatakan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Provinsi Papua, Gubernur Lukas Enembe menyampaikan rasa syukur atas sejumlah raihan dan capaian yang dihasilkan oleh Pemprov Papua bersama-sama dengan seluruh masyarakat pada 2021 ini.

“Gubernur Lukas Enembe berkata Papua mampu membuktikan kepada bangsa Indonesia dalam suksesnya menyelenggarakan PON XX dan Peparnas XVI 2021,” tuturnya.

Menurut Rifai Darus, Gubernur Lukas menyambut baik atas banyaknya masukan dari sejumlah elemen, hal itu menunjukkan bahwa kepedulian dalam membangun Papua masih dalam koridor yang terang.

“Namun demikian, Gubernur juga berpesan agar setiap orang yang memiliki niat membangun Papua janganlah membawa misi buruk atas nama kepentingan politik pragmatis yang hanya mengacaukan harmoni yang sudah terbangun di Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan Gubernur Lukas juga mengajak seluruh anak-anak muda di Papua untuk dapat berkontribusi aktif dalam berbagai bidang, dimana banyak aspek yang harus dimajukan dan dikembangkan, terutama menyoal bidang teknologi dan inovasi.

BACA JUGA:  Lukas Enembe Tiba di Jayapura Setelah Periksa Kesehatan Menyeluruh

“Gubernur ingin agar setiap anak-anak muda Papua maupun kokoh mampu menghadapi tantangan, memenangkan persaingan demi meraih masa depan,” katanya menegaskan.

Dia menambahkan Gubernur Lukas merasakan dampak dari perubahan sejumlah peraturan perundang-undangan yang mempersempit ruang gerak Pemprov Papua serta membatasinya, namun demikian, pihaknya mengajak seluruh elemen yang ada di Papua untuk memanfaatkan sebaik-baiknya anggaran yang tersedia guna mengakselerasi kemajuan dan pertumbuhan sumber daya manusia di Papua.

“Gubernur Lukas mengatakan jika ada limitasi, maka harus mampu berinovasi, apabila tidak, maka akan terpuruk mundur lagi dan hanya menjadi daerah yang terus-terusan bertopang pada simpati,” ujarnya lagi.

Sekadar diketahui, Hari Ulang Tahun Provinsi Papua ke-72 masih memiliki warna yang sama dengan misi Pemprov Papua dalam kepemimpinan Lukas Enembe yakni untuk membawa Papua Bangkit.

Sehingga Gubernur Papua berharap agar generasi yang akan datang senantiasa menengok eranya dan mensyukuri peran yang dijalani hari ini.

Pada 27 Januari 2016, Gubernur Papua Lukas Enembe bersama DPR Papua menetapkan 27 Desember sebagai hari jadi Provinsi Papua melalui Perda Provinsi Papua Nomor 6 Tahun 2016 tentang Hari Jadi Provinsi Papua.(ant)

A valid URL was not provided.