BERITA UTAMAMIMIKA

Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Kemendikbud

cropped cnthijau.png
9
×

Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe Raih Penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia dari Kemendikbud

Share this article
Anggota Maramowe Weaiku Kamorowe saat pameran di Jakarta.
Anggota Maramowe Weaiku Kamorowe saat pameran di Jakarta.

Timika, fajarpapua.com – Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe meraih penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia 2021 untuk kategori Pelestari dengan karya Pelestari Budaya Kamoro
 
Anugerah Kebudayaan Indonesia adalah program apresiasi/penghargaan tahunan di bidang Kebudayaan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada individu, kelompok, dan/atau lembaga yang berkontribusi, berprestasi dan berdedikasi tinggi terhadap upaya Pemajuan Kebudayaan (Pelindungan, Pengembangan, Pembinaan dan Pemanfaatan) Indonesia.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Program tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 2012 ini menjadi bentuk komitmen pemerintah terhadap Pemajuan Kebudayaan dalam rangka pembangunan jati diri dan penguatan karakter bangsa Indonesia.
 
Kehadiran Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe sebagai mitra Pemerintah Daerah di tengah seniman Kamoro telah memberi kontribusi nyata bagi upaya pelestarian budaya Kamoro di Kabupaten Mimika.

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika memandang konsistensi dan upaya yang dilakukan Yayasan Maramowe patut mendapatkan apresiasi dan menjadi teladan, yang kemudian mendaftarkan Yayasan dalam ajang Anugerah Kebudayaan Indonesia 2021.
 
 
Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe
 
Nama yang sulit dilafalkan oleh banyak lidah, namun memiliki makna besar. Maramowe berarti pengukir, Weaiku bisa berarti orang yang hebat atau generasi muda dan Kamorowe adalah orang Kamoro. Dapat diartikan sebagai “Orang Kamoro adalah Seniman Ukir yang Hebat” atau “Seniman Ukir Muda Kamoro”, mewakili fakta bahwa karya ukir Kamoro dapat disejajarkan dengan karya budaya hebat lainnya dan regenerasi berlanjut atas upaya pelestarian yang telah dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *