BERITA UTAMANASIONAL

Maluku Tengah Memanas, Warga Dua Kampung Bentrok, Rumah Dibakar dan Polisi Alami Luka Tembak

cropped cnthijau.png
4
×

Maluku Tengah Memanas, Warga Dua Kampung Bentrok, Rumah Dibakar dan Polisi Alami Luka Tembak

Share this article
Bentrok antarwarga dua kampung di Maluku Tengah
Bentrok antarwarga dua kampung di Maluku Tengah

Ambon, fajarpapua.com – Situasi di Maluku Tengah Memanas. Warga dua kampung, Dusun Ori dan Kariu terlibat saling serang. Buntut dari peristiwa itu, sejumlah rumah di Kampung Kairu dibakar dan satu anggota Polsek Pulau Haruku berinisial Briptu FH mengalami luka tembak.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Maluku Kompes Pol. M. Rum Ohoirat, Rabu mengatakan, bentrokan yang terjadi pada Selasa (25/1) karena adanya kesalahpahaman antarwarga Desa Ori dan Kariuw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

ads

“Benar ada kesalahpahaman di sana, dan sudah kita dorong pasukan ke sana untuk membantu pengamanan. Dan Bapak Kapolda mengimbau kepada pihak-pihak berkonflik agar dapat menahan diri,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M. Rum Ohoirat.

Ia meminta untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu menyesatkan. Polisi juga sedang menyelidiki para aktor di balik insiden tersebut.

“Kami minta warga juga tidak terpengaruh dengan isu-isu menyesatkan, karena kita sudah berada di lokasi untuk melakukan pengamanan dan penyelidikan,” kata Kabid Humas.

Dia menerangkan, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Dandim beserta Bupati Maluku Tengah sedang menuju lokasi kejadian.

“Sekali lagi kami minta warga menahan diri, karena kami sedang melakukan penyelidikan. Kita akan mengambil tindakan tegas kepada para pihak yang terlibat dalam konflik itu,” tuturnya.

Selain itu, buntut dari peristiwa tersebut, salah satu anggota Polsek Pulau Haruku berinisial Briptu FH mengalami luka tembak.

“Kedua belah pipi korban tertembus peluru akibat perbuatan orang tak dikenal, ketika terjadi bentrokan antara warga Dusun Ori dan Kariu, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah,” kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease, Iptu I. Leatemia di Ambon, Rabu.

Menurut dia, Kapolresta Pulau Ambon Kombes Pol Raja Arthur Lumongga bersama Dandim 1504 Pulau Ambon, Kol (Inf) Ch. Soumokil saat ini juga telah melakukan kunjungan mendadak ke Pulau Haruku.

“Kalau menyangkut pengiriman pasukan keamanan untuk menambah kekuatan personel Polres Pulau Haruku sementara disiapkan,” ucap Leatemia.

Pertikaian antarwarga dua desa bertetangga ini juga telah menyebabkan sejumlah rumah penduduk di Desa Kairu terbakar.

“Untuk laporan kronologis terjadinya pertikaian ini belum disampaikan pihak Polsek ke Maploresta,” ujarnya.

Seorang warga Desa Kariu berinisial JL juga dilaporkan mengalami luka di bagian punggung oleh dua orang pelaku pada Selasa (25/1) dan sementara menjalani perawatan medis di RS Bhayangkara Tantui Ambon.

Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs Lotharia Latif mengimbau warga yang berkonflik di Pulau Haruku untuk menahan diri karena saat ini aparat keamanan sudah dikerahkan untuk melakukan pengamanan di sana.(ant/ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *