BERITA UTAMAMIMIKA

Gandeng Mahasiswa, Bawaslu Mimika “Tidak Sendiri” Dalam Mempersiapkan Tahapan Pemilu dan Pilkada 2024

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Gandeng Mahasiswa, Bawaslu Mimika “Tidak Sendiri” Dalam Mempersiapkan Tahapan Pemilu dan Pilkada 2024

Share this article
Coffe morning Bawaslu dan Mahasiswa di Horison Diana Hotel Timika.
Coffee morning Bawaslu dan Mahasiswa di Horison Diana Hotel Timika.

Timika, fajarpapua.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Mimika menggandeng mahasiswa dalam menyiapkan tahapan pemilihan umum (Pemilu) maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang digelar Tahun 2024 mendatang.

Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Yanampa saat menggelar coffe morning bersama perwakilan perguruan tinggi, organisasi mahasiswa Cipayung serta Pemerintah Kampung Mawokow Jaya, Rabu (23/2) kemarin di Horison Diana Hotel Timika.

Ads

Dikatakan Yonas, saat ini sudah mendekati pelaksanaan tahapan Pemilu maupun Pilkada serentak, untuk itu sebagai tindak lanjut memorandum of understanding (MoU), pihaknya akan memberikan materi kepada mahasiswa yang nantinya sebagai kepanjangtanganan Bawaslu Mimika dalam mengawasi pesta demokrasi.

Selain itu Yonas menegaskan, dalam acara coffe morning yang bertajuk Bawaslu Tidak Sendiri, pihaknya menampung semua masukan dari para mahasiswa untuk selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam mempersiapkan tahapan Pemilu dan Pilkada mendatang.

“Sekarang kami fokus untuk mempersiapkan tahapan pesta demokrasi yang akan datang. Kita lakukan pengawasan sesuai Tupoksi Bawaslu yaitu mencegah kecurangan, mengawasi pelaksanaan dan menindaklanjuti jika ada pelanggaran,” katanya.

Lanjut Yonas, Bawaslu Mimika sebagaimana intruksi dari Bawaslu Pusat sudah lebih awal melakukan peningkatan pencegahan.

“Segala sesuatunya yang berkaitan dengan Pemilu maupun kita sudah siapkan sebelum menuju pencoblosan pada 17 Februari 2024,” tambahnya.

Salahsatu yang menjadi konsentrasi Bawaslu saat ini adalah pemutahiran data pemilih tetap berkelanjutan (DPTB).

Hal ini karena menurut Yonas, DPTB itu merupakan sesuatu yang krusial dikemudian hari sehingga pihaknya memastikan prosedur agar betul-betul dijalankan.

“Partisipasi kampus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat itu salah satu bentuk upaya yang kita lakukan. Kami berfikir mengajak mahasiswa sebagai kepanjangtanganan Bawaslu sesuatu yang ideal,” ucapnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *