BERITA UTAMAINTERNASIONAL

Kabar Terkini Tentang Invasi Rusia di Ukraina

cropped cnthijau.png
4
×

Kabar Terkini Tentang Invasi Rusia di Ukraina

Share this article
Petugas polisi memeriksa sisa-sisa rudal yang jatuh di jalan, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, di Kiev, Ukraina, 24 Februari 2022.
Petugas polisi memeriksa sisa-sisa rudal yang jatuh di jalan, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, di Kiev, Ukraina, 24 Februari 2022.

Jakarta, fajarpapua.com – Berikut adalah rangkuman kabar terkini tentang invasi Rusia di Ukraina.

Tajuk Utama

Ads

* Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Jumat berjanji untuk tetap berada di Kiev saat pasukannya bertempur melawan tentara Rusia yang bergerak menuju ibu kota itu.

* Pasukan Rusia telah merebut bekas pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di rute antara Belarus dan Kiev, kata seorang penasihat presiden Ukraina.

* Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan tujuannya menyerang Ukraina adalah untuk melakukan demiliterisasi dan “denazifikasi” di negara itu. Dia mengatakan setiap rintangan akan dihadapi dengan “konsekuensi yang belum pernah ditemukan dalam sejarah.”

* Presiden AS Joe Biden mengatakan tindakan Putin adalah agresi terang-terangan. Dia mengungkapkan sanksi baru AS terhadap bank dan elite kaya di Rusia dan pembatasan ekspor.

* Biden juga mengatakan AS bekerja sama dengan sekutunya untuk melepas minyak dari cadangan strategis setelah harga minyak melonjak.

* Inggris, Kanada, Uni Eropa, Australia, Jepang dan negara-negara lain juga menjatuhkan sanksi terhadap Rusia, menargetkan bank, ekspor militer dan para kroni Putin.

* Jepang mengatakan tindakan terkoordinasi oleh negara-negara anggota Kelompok Tujuh (G7) terhadap Rusia akan membendung setiap agresi di Asia dan kawasan lain.

* Ribuan orang Ukraina berusaha menyelamatkan diri ke negara-negara tetangga, termasuk Polandia, Hongaria, dan Rumania. Badan pengungsi PBB memperkirakan 100.000 orang telah meninggalkan rumah mereka.

* Pasar saham jatuh dan rubel Rusia mencapai titik terendah dalam sejarah. Saham AS berbalik positif karena Barat merinci sanksi mereka terhadap Rusia.

Kata Mereka

“Musuh telah menandai saya sebagai target nomor satu,” kata Zelenskiy. “Keluarga saya target nomor dua. Mereka ingin menghancurkan Ukraina secara politik dengan menghancurkan kepala negara.”

“Kami berusaha untuk tidak panik dan menjadi kuat… Dukungan yang kami terima dari penggemar Spanyol sangat menghangatkan hati. Tetapi penting juga untuk melihat penggemar kami di tribun karena kami berbagi rasa sakit yang sama,” kata bintang bola basket Ukraina, Artem Pustovyi.

Rencana Dunia

* Dewan Keamanan PBB kemungkinan akan melakukan pemungutan suara pada Jumat untuk rancangan resolusi yang mengutuk invasi Rusia di Ukraina dan mengharuskan Rusia untuk mundur tanpa syarat, kata seorang pejabat senior pemerintah AS.

* NATO akan mengadakan pertemuan puncak darurat pada Jumat.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *