BERITA UTAMALIFESTYLE

Ini Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan yang Terus Menyala Pada Mobil

cropped cnthijau.png
8
×

Ini Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan yang Terus Menyala Pada Mobil

Share this article
Ilustrasi dashboar mobil
Ilustrasi dashboar mobil

Jakarta, fajarpapua.com – Lampu indikator pada sebuah kendaraan yang terus menyala pada mobil tidak bisa kita dianggap enteng, pasalnya menyalanya lampu indikator ini menandakan adanya sebuah masalah yang terjadi di kendaraan kita. 

Dalam hal ini, kita akan membahas menyalanya lampu indikator yang terus menerus dengan sinyalnya pada bagian rem tangan yang tentunya akan menjadi masalah bila terus dibiarkan. Dalam laman resminya, Auto 2000 pada Senin memberikan beberapa informasi mengenai penyebab dari lampu indikator rem tangan yang terus menyala. 

1. Posisi rem tangan yang tidak benar 

Ads

Penyebab pertama dari lampu indikator rem tangan atau handbrake yang menyala terus bisa diakibatkan oleh posisi rem tangan yang tidak tepat. Mungkin saja Anda belum menurunkan rem tangan dengan sempurna sehingga lampu indikator memberikan peringatan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup memainkan tuas rem tangan dengan cara memakainya lalu menurunkannya kembali dengan benar. Apabila masalah ini terus dibiarkan, rem tangan mobil Anda akan mengalami penurunan brake shoe yang membuat rem tangan menjadi kendur. 

2. Minyak rem sudah kosong 

Anda tentu paham bahwa rem membutuhkan minyak/oli yang selalu diganti atau diisi secara berkala. Ketika lampu indikator rem tangan menyala, maka bisa jadi penyebabnya terletak pada tangki minyak rem yang kosong. Isilah tangki rem (tangki reservoir) dengan minyak rem hingga batas maksimum agar rem tangan mobil Anda dapat berfungsi dengan maksimal. Apabila minyak rem belum diganti dalam waktu yang lama, maka Anda harus menguras tangkinya terlebih dahulu sebelum melakukan pengisian minyak rem. Dalam menguras tangki minyak rem, Anda perlu mengosongkannya terlebih dahulu dengan membuang sisa minyak yang tersisa, kemudian dibersihkan dengan menggunakan tissue hingga benar-benar kering. Setelah itu, silahkan isi tangki minyak rem tersebut hingga batas maksimum. 

3. Adanya kerusakan pada switch rem 

Penyebab terakhir dari lampu indikator rem tangan yang terus menyala adalah timbulnya kerusakan pada bagian switch rem. Jika lampu indikator terus menyala meskipun Anda sudah melakukan cara pertama dan cara kedua, maka dapat dipastikan bahwa bagian switch rem mengalami kerusakan. Kerusakan pada switch rem ini hanya dapat diatasi dengan membawa mobil Anda ke bengkel Auto2000 terdekat. Proses perbaikan switch rem harus dilakukan oleh teknisi ahli untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen mobil lainnya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *