BERITA UTAMAKESEHATANLIFESTYLE

Solusi Sederhana Cegah Asam Lambung Naik tanpa Obat

cropped cnthijau.png
4
×

Solusi Sederhana Cegah Asam Lambung Naik tanpa Obat

Share this article
gastro esophageal reflux disease black white disease x ray concept 44282 212
gastro esophageal reflux disease black white disease x ray concept 44282 212

Timika, fajarpapua.com – Sering alami asam lambung yang naik mendadak? Bosan membawa obat asam lambung kemanapun? Artikel berikut akan memberikan solusi untuk mencegah masalah asam lambung Anda. Asam lambung naik biasanya disebabkan berbagai faktor, salah satunya berasal dari makanan dan pola makan. Asam lambung bisa menjadi pemicu munculnya sakit tenggorokan, suara menjadi serak, hingga rasa tidak nyaman di mulut. 

Asam lambung naik ditandai dengan munculnya rasa sakit di bagian perut atas hingga dada.  Rasa sakit yang menjalar ini untuk beberapa orang bisa mengganggu aktivitas karena munculnya yang mendadak. Asam lambung bahkan dapat naik pada malam hari menjelang waktu beristirahat.

Ads

Pemicu Munculnya Asam Lambung Naik

Beberapa kondisi dapat memicu naiknya asam lambung. Beberapa diantaranya ialah faktor obesitas, lambatnya pengosongan lambung, pengaruh kehamilan, hingga adanya kelainan jaringan konektif tubuh. Selain itu faktor kebiasaan buruk bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

Kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar, jam makan yang tidak teratur, serta terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan goreng-gorengan. Minuman berkafein dan beralkohol pun dapat meningkatkan risiko ini.

Solusi Cegah Asam Lambung Naik

Ketika asam lambung yang naik terjadi dalam frekuensi yang sering, hal ini akan memicu terjadinya gangguan refluks gastroesofageal atau GERD.  GERD memerlukan penyembuhan yang lebih lama dan perlakuan medis lebih lanjut. Untuk mencegah hal tersebut, berikut cara mencegah asam lambung naik melalui makanan dan pola makan.

  • Porsi Makan yang Cukup

Hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan dengan porsi besar dalam satu waktu. Seperti diketahui, mulut membutuhkan waktu untuk memecah dan mencampur makanan dengan enzim dan lambung memerlukan waktu untuk mengurai makanan dari mulut.

Saat lambung terlalu penuh, hal ini bisa memicu lebih banyak refluks ke kerongkongan. Jika dibiarkan, asam lambung akan terganggu kesetimbanganya dan memicu naiknya asam lambung.

  • Atur Jam Makan

Cara mencegah asam lambung naik berikutnya ialah dengan mengatur jam makan. Hindari makan berlebih menjelang waktu istirahat malam.  Buat jam makan yang konsisten setiap hatinya. Hal ini akan membuat lambung menjadi terbiasa dan memiliki ritme yang tetap dalam mencerna makanan.

  • Pemilihan Jenis Makanan

Jika Anda pernah mengalami gangguan asma lambung, pastikan untuk menghindari makanan pemicu asam lambung.  Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berlemak jenuh karena akan sangat cepat memengaruhi kadar asam lambung.  Sebaiknya pilih makanan berserat dan perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menjaga kadar asam lambung tetap normal. Hindari pula konsumsi minuman bersoda, berkafein, dan beralkohol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *