BERITA UTAMAMIMIKA

Resmi Dilantik Jadi Ketua DMI Mimika, Ustadz Abdul Muthalib : Mari Saling Asah Asih Asuh

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
20
×

Resmi Dilantik Jadi Ketua DMI Mimika, Ustadz Abdul Muthalib : Mari Saling Asah Asih Asuh

Share this article
Pelantikan pengurus DMI Mimika.
Pelantikan pengurus DMI Mimika.

Timika, fajarpapua.com – Sekretaris Umum DMI Papua KH Amirudin Sabil secara resmi melantik Ketua Umum Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Mimika Masa Bhakti 2022-2027 Ustadz H Abdul Muthalib Elwahan beserta koordinator dan anggota periode 2022-2027.

Dasar pelantikan itu SK Pengurus PW DMI Provinsi Papua, Nomor 28/SK/DPW/DMI-P/I/2022 Tanggal 28 Januari 2022 Masehi atau 26 Jumaidil Awal 1443 Hijriah yang ditetapkan di Jayapura.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Pelantikan pengurus PD DMI Mimika ditandai penandatanganan SK dan penyerahan bendera DMI oleh KH Amirudin Sabil kepada Ustadz H Abdul Muthalib Elwahan yang dilakukan di Graha Eme Neme Yauware, Senin (14/3).

Usai dilantik Ustadz H Abdul Muthalib Elwahan dalam sambutannya mengatakan, umat Muslim dan Nasrani bersama-sama terus bergerak dalam kesatuan antara umat beragama dan pemerintah untuk menyukseskan semua program pemerintah.

“Kita orang-orang pindahan dari berbagai macam suku, datang ke tanah Papua untuk bersama-sama bergabung dengan saudara-saudara penduduk asli tanah amungsa bumi kamoro ini, untuk bersaudara, seperti Eme Neme Yauware bersatu bersaudara membangun Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Dari unsur pemerintah beserta jajaran, unsur TNI/Polri beserta jajaran FKUB beserta jajaran dan juga seluruh masyarakat semuanya bersaudara untuk terus menunjukkan bahwa Mimika yang terbaik.

“Kabupaten Mimika selama ini kondusif, dan tetap saling mencintai atas persaudaraan umat yang ada di Mimika, sehingga mari kita saling asah, asih, asuh bukan gasak, gesek, gosok,” terangnya.

Selanjutnya Sekretaris Umum PW DMI Papua, KH Amirudin Sabil mengatakan kurang lebih 8 Lembaga Besar Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Indonesia disatukan menjadi Dewan Masjid Indonesia (DMI) supaya Islam yang merupakan agama rahmatan lil alamin tidak terkotak-kotak.

“Sehingga akan terwujud kebersamaan, persatuan dalam bergandengan tangan memupuk rasa solidaritas sosial untuk melayani mengayomi umat. Maka DMI, MUI kedepan harus memikirkan perkembangan bagaimana kesatuan mereka, pendidikan mereka, kemaslahatan, kesehatan dan rumah ibadah,” katanya.

Apabila hal tersebut terjadi maka kerukunan umat beragama dengan pemerintah akan terjalin baik terkhusus di dalam umat islam sendiri.

“DMI harus wujudkan masjid sebagai pusat pembelajaran pendidikan dan juga pembinaan didasari ukhuwah islamiyah dengan tonggak 5 islam, iman, ilmu, perekat persatuan dan pembinaan ekonomi umat,” harapnya.

Amiruddin juga menegaskan sesuai harapan Ketua DMI Pusat H M Jusuf Kalla, bahwa DPW DMI harus mempunyai gedung sendiri sebagai tempat berkumpulnya pengurus guna mempersatukan umat. Tak hanya itu Amiruddin juga meminta PD DMI Mimika agar mempunyai pekerjaan rumah untuk mendirikan badan otonom yang nantinya bersama-sama dengan DMI untuk kemaslahatan umat.

Mewakili Bupati Mimika, Asisten 1 Setda Mimika, Yulianus Sasarari mengucapkan selamat terhadap Ketua Umum Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Mimika beserta jajaran yang baru dilantik semoga sebagai pengurus dapat mempunyai integritas dan komitmen melaksanakan program kerja yang akan digagas.

“DMI Mimika punya peran untuk membawa pesan kesejukan antar umat beragama di Kabupaten Mimika. Untuk itu saya berharap DMI Mimika dapat membuat masjid menjadi pusat dakwah yang mampu memberikan ajaran damai bagi sesama,” katanya.

“Saya juga berharap dengan kehadiran kepengurusan DMI agar bisa bersama-sama bergandengan tangan dengan pemerintah memajukan daerah ini. Dan juga dapat menguatkan peran DMI dalam mengoptimalkan peranan masjid dalam pembinaan umat, bersinergi dengan pemerintah dalam program kerja yang selaras dengan visi dan misi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan di Kabupaten Mimika, tanah amungsa bumi kamoro ini,” jelasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *