KESEHATAN

Mengenal Penyakit Vertigo, Pencegahan dan Pengobatannya

cropped cnthijau.png
4
×

Mengenal Penyakit Vertigo, Pencegahan dan Pengobatannya

Share this article
penanganan vertigo secara mandiri
penanganan vertigo secara mandiri

Timika, fajarpapua.com – Banyaknya tekanan kerja saat pandemi atau beberapa hal yang memaksa kita memutar otak untuk bertahan hidup membuat seringkali keluhan sakit kepala berputar terjadi.

Jangan anggap remeh, hal tersebut bisa menjadi pertanda awal vertigo. Artikel berikut akan mengupas vertigo, penyebab, gejala, dan cara penyembuhannya.

ads

Vertigo ialah istilah yang digunakan untuk menggambarkna kondisi yang membuat penderitanya mengalami pusing seperti hal di sekelilingnya berputar.

Pada beberapa orang sering kali menganggap svertigo ebagai suatu penyakit, padahal vertigo sebenarnya bisa menjadi awal gejala dari penyakit atau kondisi lain.

Saat Vertigo menyerang akan membuat penderitanya kehilangan keseimbangan, hingga mengalami kesulitan untuk sekadar berdiri atau bahkan berjalan.

Mengenal Gejala Vertigo

Vertigo dapat terjadi selama selang waktu beberapa menit hingga satu jam. Lamanya durasi yang dirasakan sangat tergantung pada tingkat keparahannya pada masing-masing orang.

Gejala umum dari vertigo dalah sensasi seperti berputar yang dipicu oleh gerakan atau perubahan posisi kepala. Selain tanda umum tersebut, vertigo juga dapat disertai gejala lain, seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Gerakan bola mata yang tidak normal (nistagmus)
  • Sakit kepala
  • Benda disekitar seolah bergerak atau berputar.
  • Hilang keseimbangan.
  • Mual dan muntah.
  • Keringat dingin berlebih
  • Telinga berdengung

Jenis Vertigo

Vertigo periferal

Vertigo jenis ini ialah jenis vertigo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Vertigo periferal terjadi saat adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang berfungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Saat tubuh dalam keadaan normal, biasanya saat Anda menggerakkan kepala, bagian dalam telinga akan memberi tahu di mana posisi kepala Anda berada lalu mengirimkan sinyal ke otak untuk menjaga keseimbangan.

Namun, ketika terjadi vertigo periferal, terdapat masalah pada bagian dalam telinga sehingga Anda mungkin merasakan sakit dan pusing. Vertigo ini diawali adanya peradangan di telinga bagian dalam ataupun adanya infeksi virus.

Vertigo central

Jenis vertigo ini disebabkan oleh adanya masalah pada otak. Bagian otak yang paling berpengaruh terhadap terjadinya vertigo central adalah cerebellum atau otak kecil. Saat terjadi vertigo central ini, Anda akan merasakan pusing yang luar biasa, biasanya disertai rasa mual dan kepada berdenyut.

Beberapa Cara Pencegahan dan Pengobatan pada Vertigo

Vertigo jika terjadi dalam kondisi ringan dan intensitas yang jarang biasanya akan sembuh dengan sendirinya.

Namun ada beberapa kasus vertigo yang memerlukan penanganan oleh dokter. Pada kasus ini, tindakan yang dilakukan dokter akan disesuaikan dengan penyebab vertigo itu sendiri. Jika Anda sedang mengalami vertigo, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobatinya, yaitu:

  • Mengurangi bergerak, cobalah untuk mengistirahatkan tubuh dan memejamkan mata sejenak
  • Tidak mengubah posisi tubuh secara tiba-tiba, melakukan gerakan relaksasi secara perlahan.
  • Tidak membaca tulisan apa pun
  • Menghindari cahaya dan sorot lampu yang terlalu terang, beristirahatlah di ruangan yang redup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *