BERITA UTAMAMIMIKA

Hendak Diangkut ke Jakarta, Kantor Karantina Papua Tengah Periksa 2.459 Kg Gaharu di Bandara Mozes Kilangin Timika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
1409
×

Hendak Diangkut ke Jakarta, Kantor Karantina Papua Tengah Periksa 2.459 Kg Gaharu di Bandara Mozes Kilangin Timika

Share this article
IMG 20240502 WA0001
Petugas Kantor Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Provinsi Papua Tengah saat memeriksa kelengkapan dokumen kayu gaharu

Timika, fajarpapua.com – Kantor Balai Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Provinsi Papua Tengah memeriksa kayu gaharu berbentuk serpih dengan berat total 2.459 kilogram dan akan dikirim ke Jakarta.

Pejabat Karantina Tumbuhan Desri Yulda kepada wartawan, Rabu (1/5), mengatakan gaharu Irian merupakan tanaman tropis Papua yang kaya manfaat.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Gaharu Irian merupakan salah satu sumber daya alam hasil hutan Papua yang memiliki nilai jual tinggi,” katanya.

Menurut dia, gaharu Irian memiliki aroma dengan karakteristik yang khas dan dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti bahan pengharum ruangan, juga bahan baku industri kosmetik dan pendukung meditasi.

Pihaknya memeriksa gaharu berbentuk serpih yang akan dikirim menggunakan jasa ekspedisi via Bandara Mozes Kilangin Timika dengan tujuan Jakarta.

“Sebelumnya petugas kami melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu, serta kelengkapan dokumen SATS-DN dari BKSDA sebagai syarat administrasi,” katanya lagi.

Setelah itu petugas memberi segel pada setiap kemasan sebagai tanda bahwa telah dilakukan pemeriksaan pada media tersebut.

“Kami mengajak masyarakat untuk terlebih dahulu melaporkan ke Pejabat Karantina jika akan membawa komoditas hewan, ikan dan tumbuhan agar dipastikan terbebas dari HPHK, HPIK, dan OPTK sebelum dikirim,” ujarnya.(an/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *