BERITA UTAMAMIMIKA

Penerimaan Bintara dan Tamtama Polres Mimika Masuk Tahap Tes Kesehatan, Psikotes akan Dilakukan di Sejumlah Sekolah

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3661
×

Penerimaan Bintara dan Tamtama Polres Mimika Masuk Tahap Tes Kesehatan, Psikotes akan Dilakukan di Sejumlah Sekolah

Share this article
IMG 20240502 WA0055
Para Casis Polri saat mengikuti tes di Polres Mimika, Mile 32.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Sub Panitia Daerah Seleksi Terpadu Bintara dan Tamtama Polres Mimika Tahun 2024 sedang melaksanakan tahap pemeriksaan hari kedua di Mako Polres Mimika, Kamis (2/5)

Kabag SDM Polres Mimika Kompol Saidah Hobrouw menyampaikan Sub Panda Polres Mimika diikuti beberapa kabupaten yaitu Kabupaten Mimika, Puncak, Asmat, Nduga, Intan Jaya, dan Nabire.

Kali ini Polres Mimika menjadi Sub Panda untuk memenuhi kebutuhan personel kepolisian di Polda Daerah Otonomi Baru Papua.

“Seluruh tahapan seleksi, mulai dari pemeriksaan administrasi awal hingga tahap akhir dilakukan di Sub Panda Mimika. Setelah pemeriksaan administrasi awal pada 19-25 April lalu, sebanyak 936 bintara PTU, 23 Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus), dan 32 Tamtama mendaftar. Dari jumlah tersebut, yang memenuhi syarat adalah 695 bintara PTU, 23 Bakomsus, dan 8 Tamtama, dengan total 726 orang.

Tahap berikutnya adalah pemeriksaan kesehatan tahap pertama yang dilakukan mulai 30 April oleh tim dokter dari Mabes Polri. Setiap hari, sekitar 300 orang menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasilnya diumumkan pada hari yang sama. Setelahnya, dilanjutkan dengan Computer-Assisted Testing (CAT) Psiko, yang akan dilaksanakan di beberapa sekolah di Timika.

“Nantinya sekitar tujuh sekolah yang akan digunakan untuk lokasi pelaksanaan CAT Psiko. Setelah Psiko, dilanjutkan dengan CAT akademik, tes jasmani, hingga pemeriksaan administrasi akhir. Casis yang lolos seleksi akan mengikuti pembukaan pendidikan pada 22 Juli mendatang,” ungkapnya.

Dikemukakan, dari semua rangkaian kegiatan akan ada sidang akhir di Panitia Daerah Polda Papua pada akhir Juni 2024. Para siswa yang lolos akan mengikuti pendidikan di beberapa SPN di luar Polda Papua.

Jumlah pendaftar dari Kabupaten Mimika mencapai 786 bintara PTU, 23 Bakomsos, dan 28 Tamtama. Sedangkan dari Kabupaten Asmat, Puncak, Nduga, dan Intan Jaya juga mendaftar sejumlah siswa. Ada juga 10 siswa dari Intan Jaya yang mengikuti proses seleksi di Polda Papua langsung melalui jalur rekruitmen pro aktif.

Total keseluruhan kuota Sub Panda Polda Papua adalah 2.000 orang.

“Kuota secara keseluruhan adalah 2000 orang untuk Sub Panda Polda Papua. Ini fleksibel, tergantung dari peserta yang memenuhi syarat dan lulus,” tutupnya. (moa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *