BERITA UTAMAPAPUA

Trik Agar Bayar Pajak Lancar, Pemkab Jayapura Tempel Stiker KPK di Kasir Hotel dan Restoran

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
8
×

Trik Agar Bayar Pajak Lancar, Pemkab Jayapura Tempel Stiker KPK di Kasir Hotel dan Restoran

Share this article
IMG 20220427 WA0032
Para pelaku usaha di Kabupaten Jayapura saat mengikuti pertemuan.

Jayapura, fajarpapua.com- Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Jayapura menggelar pertemuan dan ramah tamah bersama pemilik hotel dan restoran di wilayah Kabupaten Jayapura.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Pertemuan denga pemilik hotel dan restoran selaku wajib pajak daerah ini dipimpin Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd., M.KP., turut dihadiri Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura Edi Susanto, Ketua BPC PHRI Kabupaten Jayapura Bambang Zulhadi, guna mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jayapura di tahun 2022.

Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi mengatakan, pemerintah Kabupaten Jayapura saat ini terus melakukan terobosan-terobosan dalam peningkatan dan pengelolaan pajak daerah yang selama ini mengalami penurunan selama pandemi Covid-19.

Untuk itu, dirinya mengajak para pemilik hotel dan restauran bersama-sama mendukung PAD Kabupaten Jayapura dengan menyetor pajak yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

“Agar pembayaran pajak ini optimal, maka kita lakukan penempelan stiker bertuliskan KPK dan Pemkab Jayapura, serta pemasangan pamflet di kasir setiap hotel dan restoran yang ada di wilayah ini,” kata Sekda Hanna Hikoyabi.

Ia mengajak, pimpinan perusahaan dan pengelola hotel, pemilik restoran, cafe atau rumah makan, untuk dapat tertib membayar tagihan pajak tahun berjalan maupun tunggakan pajak pada tahun-tahun sebelumnya. Serta meminta kepada petugas pemungutan pajak untuk tidak bermalas-malasan dalam menjalankan pemungutan pajak kepada wajib pajak.

“Jadi saya minta petugas pemungut pajak Bappenda yang sudah ditugaskan di lapangan, kalau menagih pajak harus menggunakan seragam ya, dilengkapi dengan Id card. Mereka juga berbicara sopan dengan mitra kita dengan bahasa yang baik,” ucap Sekda.

Sekda memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada wajib pajak yang telah aktif dan tertib dalam membayar pajak tepat waktu demi pembangunan di Kabupaten Jayapura.

Kepala Bappenda Kabupaten Jayapura, Edi Susanto mengungkapkan, pertemuan dengan para pengusaha dan pengelola hotel maupun restoran dalam membangun silahturahmi sebagai mitra dari pemerintah Kabupaten Jayapura.

Pada pertemuan itu, ujar Edi, menyampaikan beberapa arahan dalam mendorong peningkatan PAD dan juga arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang selama ini sudah berjalan di semua wilayah.

“Mereka pemilik usaha seperti hotel, restoran dan usaha lainnya merupakan mitra pemerintah untuk pemungutan pajak hotel dan restoran, karena sumber pendapatan asli daerah dikabupaten ini masih mengandalkan hotel dan restoran,” kata Edi.

Oleh karena itu, pemerintah mengharapkan peran serta dan partisipasi dari wajib pajak daerah dalam upaya meningkatkan PAD Kabupaten Jayapura, khususnya dari sektor hotel dan restoran sesuai dengan target yang pemerintah telah ditetapkan.

“Kami harap para pemilik usaha tepat waktu membayarkan pajak dan tidak menunggak sehingga nanti tidak memberatkan mereka kalau terjadi tunggakan. Kami pun akan terus mengingatkan para pelaku usaha wajib pajak, agar tetap taat pajak,” ungkapnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *