BERITA UTAMAPAPUA

Lonjakan Arus Balik Penumpang di Bandara Sentani Diperkirakan Mulai 8 Mei 2022

cropped cnthijau.png
7
×

Lonjakan Arus Balik Penumpang di Bandara Sentani Diperkirakan Mulai 8 Mei 2022

Share this article
Situasi penumpang di Bandara Sentani
Situasi penumpang di Bandara Sentani

Jayapura, fajarpapua.com – PT Angkasa Pura I Bandara Sentani Jayapura memperkirakan arus balik penumpang mudik hari Raya Idul Fitri 1443 H di Bandara Internasional Sentani diperkirakan mulai tanggal 8 Mei 2022.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sentani Jayapura, Iwan Noviantoro mengatakan untuk data trafik yang terakhir pergerakan penumpang sampai dengan tanggal 3 Mei 2022 kemarin untuk keberangkatan mencapai 1.488 penumpang, kemudian untuk yang datang mencapai 1.074 penumpang.

ads

“Trafik pesawat sendiri kita mengalami penurunan, yang biasanya rata-rata kita berada dikisaran 132-140, kemarin hanya berada dikisaran 52. Jadi kemarin kita mengalami penurunan yang sangat signifikan dibanding dengan tanggal 30 April lalu,” ucapnya di Bandara Sentani, Rabu (4/5).

Lanjutnya, pada tanggal 30 April 2022 untuk pergerakan penumpang secara total mencapai sekitar 6.000 penumpang. Bahkan dari pantauan penumpang yang ingin berangkat kurang lebih sekitar 3.600 penumpang dan sisanya adalah penumpang yang tiba di Bandara Sentani.

“Untuk situasi keamanan di bandara saat ini yang kita pantau masih aman terkendali. Jadi selama ini pada saat sebelum adanya posko pengamanan Bandara Sentani, kita sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk secara intens berkoordinasi dengan pihak TNI-Polri dalam menyikapi arus mudik lebaran dan nantinya juga pada arus balik lebaran,” ujarnya.

Ia menyampaikan, setelah adanya kelonggaran dari pemerintah terkait dengan aturan Prokes dalam hal ini masyarakat sudah diijinkan melakukan mudik lebaran, namun tetap memperhatikan Prokes secara ketat.

Hal ini sesuai dengan implementasi SE 36 kemarin yang diperbaharui menjadi SE 48.

“Jangan sampai setelah pelaksanaan lebaran selesai, kasus Covid-19 menjadi meningkat, nah ini kami selalu mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah dan apa yang menjadi aturan pemerintah supaya di Negara kita ini bisa segera bebas Covid-19,” jelasnya.

Lebih lanjut Iwan Noviantoro menuturkan, pihaknya memperkirakan estimasi balik penumpang pada 8 Mei karena libur cuti bersama itu berakhir.

“Jadi kita perkirakan estimasi puncak dari arus balik di Bandara Sentani diperkirakan tanggal 8 itu mencapai 3.152 penumpang untuk yang datang saja.

Mengantisipasi lonjakan arus balik lebaran ini, PT. Angkasa Pura I, yang pertama dari sisi kesiapan fasilitas kemudian yang kedua adalah kesiapan dari SDM. Selain itu, pihaknya juga akan berkordinasi dengan BKO yang berada di Bandara Sentani dalam hal ini TNI-Polri.

“Kami sudah memploting seluruh SDM dari area kedatangan sampai di lobby. Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap mentaati prokes secara ketat baik penggunaan masker, jaga jarak, kemudian mengikuti aturan yang sudah ditetapkan di Bandara Sentani baik itu didalam proses antrian pada pengambilan bagasi maupun pada saat check-in dan tidak lupa agar selalu mengisi EHAC seperti yang sudah ditetapkan dari Kemenkes maupun Pemerintah Pusat,” tutupnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *