BERITA UTAMAMIMIKA

Tidak Main-main, Sebut Garuda di Dada, Kepala Kampung di Mimika Ini Ingatkan Dinkes Wajib Bangun Pustu, Jika Tidak….

cropped cnthijau.png
5
×

Tidak Main-main, Sebut Garuda di Dada, Kepala Kampung di Mimika Ini Ingatkan Dinkes Wajib Bangun Pustu, Jika Tidak….

Share this article
c819c61f ca87 4b4a 9453 95a0efaf17c1
Ruas jalan utama Kampung Bulumen, Distrik Jita

Timika, fajarpapua.com– Kepala Kampung Bulumen Distrik Jita secara tegas meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika melalui Dinas Kesehatan untuk segera membangun Pustu di kampung tersebut.

Hal itu dikemukakan Kepala Kampung Bulumen, Tomas Jimuta kepada fajarpapua.com saat ditemui belum lama ini.

ads

“Atas nama garuda di dada, dan demi masyarakat, kami minta tolong dengan hormat Pak Bupati tolong sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk tahun ini harus bangun Pustu di kampung kami,” tegas Tomas.

Menurut dia, selama ini warga terkendala dalam pelayanan kesehatan terutama jika sakit emergency seperti kecelakaan, musibah dan lainnya.

Belum lagi, kata Tomas, pasien ibu hamil atau melahirkan. Sudah pasti akan kesulitan akibat jarak dari kampung ke pusat Ibu Kota Distrik di Jita sangat jauh.

“Itu sangat jauh dan kami harus pakai perahu sekitar dua jam untuk ke Distrik, itu juga ada bensin, kalau tidak ada bagaimana” kata Tomas.

Beberapa kasus kematian yang biasa terjadi di kampung yakni proses transportasi dan rujukan dari kampung ke kota terlalu lama.

Belum lagi, tambahnya, rute perjalanan melewati kali yang sudah hampir sulit akibat tertimbun pasir tailing sepanjang kali di wilayah perairan mimika Timur Jauh sampai ke Jita dan Agimuga.

Berdasarkan Data Monografi Kampung tahun 2022, di Kampung Bulumen saat ini terdata sebanyak 122 jiwa dan 33 kepala keluarga (kk).

Karenanya, kata Tomas, jika tahun ini pemerintah membangun satu Puskesmas Pembantu atau Pustu akan sangat menolong warga masyarakat kampung itu.

“Beberapa kampung yang berdekatan bersama kampung kami ialah Kampung Kanmapiriri, Waituku, Wacakam dan Jaitak atau terdapat 5 kampung diluar wilayah Ibu Kota Distrik. Sementara lima kmpung lainnya seperti Sempan Timur, Sumapro, Wenin dan Noema berada di dalam Ibu Kita Distrik. Pertimbangan jarak dan jangkauan untuk bisa berobat atau mendapat pertolongan medis, ini yang kami butuhkan,” harap Tomas.(edy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *