BERITA UTAMANASIONAL

Ini Alasan Wajib Memakai Sepatu Saat Mengendarai Sepeda Motor

cropped cnthijau.png
6
×

Ini Alasan Wajib Memakai Sepatu Saat Mengendarai Sepeda Motor

Share this article
90
Ilustrasi pengendara menggunakan sandal jepit

Jakarta, fajarpapua.com Pengendara sepeda motor yang menggunakan sandal kerap terlihat di jalan raya, alasannya karena lebih nyaman dan mudah digunakan, padahal hal itu mengurangi perlindungan pada diri sendiri.

Terutama bagi pengguna motor matic yang menjadi model motor terbanyak di Indonesia. Desain motor yang menempatkan kaki di dalam bagian motor membuat masyarakat percaya diri mengenakan sandal saat berpergian.

ads

“Padahal tujuan penggunaan alas kaki yang melindungi kaki bukan saat di atas motor saja tapi saat tidak berada di motor. Misal terjatuh atau kecelakaan. Ini pentingnya pakai sepatu dibanding sandal saat berkendara motor,” ucap Anando Eko, instruktur keselamatan berkendara dari Michelin Safety Academy saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Selain memakai sandal, terkadang ada beberapa masyarakat yang lebih memilih nyeker atau tanpa alas kaki. Apalagi saat cuaca hujan, pengendara motor lebih memilih menyimpan sepatunya daripada basah terkena hujan.

Padahal resiko tanpa perlindungan saat berkendara motor cukup besar. Kaki bisa terkena benda tajam seperti kerikil atau kaca, serta terluka saat kecelakaan.

Penggunaan sepatu lebih terjamin tidak licin saat di atas footstep sepeda motor atau saat berhenti dimana kaki menopang motor di atas aspal. Bagi pengendara motor dengan transmisi manual, sepatu membuat kaki tidak lekas pegal bila mengoperasikan transmisi model injak dan mengungkit.

“Sepatu buat kaki terlindung dari benda-benda tajam di jalan raya. Paling tepat gunakan sepatu khusus riding motor atau yang di atas mata kaki. Pokoknya selama berkendara alat pengaman seperti jaket, helm, sarung tangan tidak boleh absen untuk menghindari cedera parah bila kecelakaan,” ucap Eko.(net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *